Bagikan:

JAKARTA - Sekretaris Dewan Pimpinan Partai Gerindra (DPP) DKI Jakarta Rani Mauliani menegaskan, pihaknya tidak membuka pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur secara terbuka untuk Pilkada DKI Jakarta 2024.

"Kami partai satu komando. Jadi, di DPD tidak ada pembukaan pendaftaran untuk cagub dan cawagub," kata Rani dalam pesan singkat, Kamis, 30 Mei.

Rani menegaskan DPD Gerindra DKI akan menjalankan apapun keputusan Dewan Pimpinan Partai (DPP) Gerindra yang dipimpin Prabowo Subianto tersebut.

"Semua arahannya ada di DPP," ujar dia.

Terpisah, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menjelaskan, mekanisme pengusungan calon kepala daerah dari Partai Gerindra biasanya diawali dengan adanya masukan dari kader yang disampaikan kepada Prabowo.

Ia menyebut, nama yang paling banyak muncul di akar rumput Gerindra saat ini yakni Budisatrio Djiwandono.

"Kalau di dapil saya Jaktim, banyak yang usulkan Budi Djiwandono, besar sekali dukungan untuk Mas Budi di seluruh penjuru Jaktim," tutur Habiburokhman.

Belakangan, muncul poster foto duet Budisatrio dan Kaesang Pangarep sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Foto duet keponakan Prabowo Subianto dan putra bungsu Presiden Joko Widodo ini diunggah oleh Ketua Harian DPP Gerindra dalam akun Instagram pribadinya.

Habiburokhman menjelaskan, bahwa poster Budisatrio berpasangan dengan Kaesang baru sekedar aspirasi.

"Terkait poster Pak Budi Djiwandono dengan Mas Kaesang ya, saya pikir itu sebagai bentuk penyampaian adanya aspirasi masyarakat kepada kami," ujarnya.