Bagikan:

JAKARTA - Waketum Partai Gerindra, Habiburokhman, menegaskan partainya nyaris mustahil untuk kembali mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur pada Pilgub Jakarta 2024. Pasalnya, tidak ada satupun aspirasi dari kader hingga akar rumput yang menginginkan Anies diusung sebagai cagub.

Diketahui, Anies pernah diusung Gerindra maju pada Pilgub DKI Jakarta 2017 bersama Sandiaga Uno. Saat itu pasangan Anies-Sandi menang melawan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat pada putaran kedua.

"Sejauh ini tidak ada aspirasi dari kader, akar rumput, maupun pengurus yang mengusulkan Anies sebagai Cagub Jakarta. Jadi nyaris mustahil Gerindra akan usulkan Pak Anies," ujar Habiburokhman kepada wartawan, Rabu, 29 Mei.

Habiburokhman menuturkan, mekanisme pengusungan calon kepala daerah dari Partai Gerindra, biasanya diawali dengan adanya masukan dari kader. Kemudian di bahas oleh DPP dan diputuskan oleh Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina Gerindra, Prabowo Subianto.

Namun, kata dia, tidak ada yang mengusulkan nama Anies Baswedan sebagai cagub. Wakil Ketua Komisi III DPR ini pun mengungkapkan, nama yang paling banyak muncul di akar rumput Gerindra saat ini yakni Budisatrio Djiwandono.

Budi merupakan keponakan Prabowo yang kini menjabat sebagai Waketum Gerindra. Nama Budisatrio Djiwandono, kata Habiburokhman, juga banyak terdengar di daerah pemilihannya di Jakarta Timur.

"Kalau di dapil saya Jaktim, banyak yang usulkan Budi Djiwandono, besar sekali dukungan untuk Mas Budi di seluruh penjuru Jaktim," katanya.

Berbeda dengan Gerindra, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengaku senang jika ada pihak yang mau mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024. Namun, PKB masih akan berdiskusi di internal mengenai calon yang akan diusung di pilkada semua daerah.

"Ya kalau saya pribadi senang sekali kalau Anies diusung itu memang jadi bagian dari kebersamaan selama ini. Tapi kita akan menunggu proses desk pilkada yang akan berdiskusi dengan semua kalangan DPW, DPC," ujar Cak Imin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 28 Mei.

Meski begitu, Imin mengaku jika Anies Baswedan belum menyampaikan keinginannya untuk maju lagi di Pilgub Jakarta 2024.

"Secara khusus belum sih," ungkapnya.