Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman merespons PDIP yang menyiapkan nama mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa maju di Pilgub Jawa Tengah.

Habiburokhman menegaskan, partainya siap berkompetisi dengan partai politik manapun pada kontestasi Pilkada Jawa Tengah 2024.

"Saya pikir kita tidak bisa mengomentari calon lain ya. Kami siap saja berkompetisi dengan calon manapun," ujar Habiburokhman, Jumat, 5 Juli.

Diketahui, parpol yang tergabung di Koalisi Indonesia Maju (KIM) diisukan bakal mengusung Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Lutfi. Namun, Habiburokhman belum memastikan apakah Gerindra akan mengusung figur yang sama atau lain.

Menurutnya, Gerindra masih mengkaji sosok yang akan diusung sebagai calon gubernur Jawa Tengah.

"Kami tengah merumuskan siapa yang pada akhirnya akan kami usung di Jawa Tengah. Informasi yang saya dapat belum ada yang resmi, (termasuk) pak Lutfhi," kata Wakil Ketua Komisi III DPR itu.

Sebelumnya, Wasekjen DPP PDIP Utut Adianto, mendukung mantan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mencalonkan diri sebagai calon gubernur (cagub) Jateng.

"Kalau orang kayak saya misalnya nanti Pak Andika bersedia, Pak Andika ke Jawa Tengah," ujar Utut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 3 Juli.

Utut menilai Andika Perkasa paling pas memimpin Jawa Tengah. Menurutnya, menantu Jenderal AM Hendropriyono itu bisa memberi rasa aman bagi masyarakat Jateng.

"Nah kalau orang kayak saya karena di sebelah sana (KIM, red) Pak Kapolda sudah maju tentunya Pak siapa, Pak Luthfi yah. Nah kalau Pak Andika mau maju paling enggak memberi rasa aman di antara para kader se-Jawa Tengah," kata Utut.

"Tetapi dalam kontestasi positif lho, bukan membenturkan institusi. Karena sudah masuk ranah sipil, kalau sudah ranah sipil ini kontestasi," pungkasnya.