Bagikan:

JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) resmi mengumumkan pasangan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi berlaga di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng). Pengumuman disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 26 Agustus.

“Dari Provinsi Jawa Tengah Jenderal Purnawirawan Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi,” kata Hasto saat mengumumkan calon kepala daerah PDIP gelombang ketiga disambut sorak-sorai undangan yang hadir di lokasi.

Sebagai informasi, Andika merupakan mantan Panglima TNI sementara Hendrar Prihadi atau Hendi merupakan mantan Wali Kota Semarang yang saat ini menjabat sebagai Ketua LKPP.

Dalam acara ini, Hendrar Prihardi sempat didapuk membacakan dedication of life Soekarno saat acara dibuka. Hasto sempat berkelakar, Hendrar Prihadi bisa jadi calon wakil gubernur karena sukses membacakannya di hadapan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan petinggi partai lainnya, termasuk Ketua DPP PDIP yang juga anak Megawati, Prananda Prabowo.

“Kata Mas Prananda, Mas Hendrar Prihadi membaca dedication of life dengan sempurna. Jadi lolos. Karena membaca dedication of life enggak boleh langsung turun (dari panggung, red). Harus melihat emotional bounding, harus membangun daya ideologi kita bersama Bung Karno,” ujarnya disambut riuh para kader.

Adapun ketika dibacakan namanya sebagai bakal calon di Pilgub Jateng, Andika dan Hendrar Prihadi segera berdiri dari tempat duduknya. Mereka tampak semringah.

Selain itu, Hasto juga mengumumkan secara resmi nama lainnya. Di antaranya Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi untuk bertarung di Pilgub Banten.

Kemudian ada juga Epyardi Asda-Ekos Albar yang bakal maju di Pilgub Sumatera Barat.

Diberitakan sebelumnya, PDIP sudah mengumumkan bakal calon kepala daerah melalui dua gelombang. Namun, partai berlambang banteng itu belum mengumumkan pasangan calon di Pilgub Jakarta meski nama Anies Baswedan digadang-gadang bakal maju.