Bagikan:

JAKARTA - Bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, Andika Perkasa-Hendrar Prihadi, akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum  Daerah (KPUD) Jawa Tengah besok, Selasa, 27 Agustus.

Langkah ini mereka lakukan setelah resmi diusung PDI Perjuangan (PDIP) dan mendapat surat keputusan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Pendaftaran kalau tidak ada perubahan besok, kami akan mendaftar di KPUD,” kata Andika kepada wartawan di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 26 Agustus.

Andika memastikan persiapan bakal dilakukannya bersama Hendi yang merupakan sapaan Hendrar Prihadi. “Setelah itu kita akan pasti akan berusaha untuk melihat apa yang harus kami lakukan yang diperlukan sampai dengan waktunya,” tegasnya.

Ke depan, Andika menyebut akan memastikan keberlanjutan dari gubernur selanjutnya. Termasuk Ganjar Pranowo yang menjabat selama dua periode sebagai orang nomor satu di Jawa Tengah. 

“Yang jelas kita ingin melihat jawa tengah ini sebagai masyarakat yang pekerja, produktif makaryo (aktif bekerja), becik (baik, benar) tapi juga harus manunggal,” ujar eks Panglima TNI tersebut.

“Karena memang kita tidak bisa melakukan pembangunan apapun atau meningkatkan apa yang harus di tingkatkan dari masyarakat tanpa bekerja sama dari semua sektor, semua level, bawah sampai atas sampai dengan masyarakat di Jawa Tengah,” sambung Andika.

Diberitakan sebelumnya, PDIP kembali mengumumkan calon kepala daerah gelombang ketiga pada Senin, 26 Agustus. Di antaranya adalah Andika Perkasa-Hendrar Prihadi yang maju di Pilgub Jateng dan Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi.

Berikut adalah rincian calon gubernur dan wakil gubernur PDIP di Pilkada 2024:

1. Sulawesi Utara, Steven Kandouw-Letjen TNI (Purn) Alfred Denny Djoike Tuejeh

2. Banten, Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi

3. Jawa Tengah, Andika Perkasa-Hendrar Prihadi atau Hendi

4. Gorontalo, Hamzah Isa-Andurrahman Abubakar Bahmid

5. Nusa Tenggara Timur (NTT), Yohanis Fransiskus Lema-Jane Natalia Suryanto

6. Kalimantan Utara, Andi Sulaiman-Andri Partono.