Bagikan:

JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) resmi mengumumkan enam pasangan calon kepala daerah di Pilgub 2024 di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat pada hari ini, Senin, 26 Agustus. Salah satunya adalah Andika Perkasa-Hendrar Prihadi yang maju di Pilgub Jateng.

“Bahwa jumlah total pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang telah diputuskan Ibu Megawati Soekarnoputri berasal dari 60 daerah. Tingkat provinsi sebanyak enam provinsi,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat menyampaikan calon kepala daerah dan wakilnya.

Adapun pembacaan ini dilakukan di hadapan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan jajaran internal. Mereka adalah Bendahara Umum DPP PDIP Olly Dondokambey serta wakilnya Said Abdullah, Rudianto Tjen, dan Yuke Yurike; serta Wasekjen PDIP Yoseph Aryo Adhie Darmo. Hadir pula jajaran Ketua DPP PDIP diantaranya Komaruddin Watubun, Djarot Saiful Hidayat, Deddy Sitorus, Adian Napitpulu hingga Basuki Tjahja Purnama dll.

Terlihat hadir juga putra Megawati yang juga Ketua DPP DPIP bidang Ekonomi Kreatif, Prananda Prabowo, Menseskab yang juga kader PDIP, Pramono Anung, Menteri PPPA Bintang Puspayoga, serta eks Menkumham Yasonna Laoly.

Berikut adalah rincian calon gubernur dan wakil gubernur PDIP di Pilkada 2024:

1. Sulawesi Utara, Steven Kandouw - Letjen TNI (Purn) Alfred Denny Djoike Tuejeh

2. Banten, Airin Rachmi Diany - Ade Sumardi

3. Jawa Tengah, Andika Perkasa - Hendrar Prihadi atau Hendi

4. Gorontalo, Hamzah Isa - Andurrahman Abubakar Bahmid

5. Nusa Tenggara Timur (NTT), Yohanis Fransiskus Lema - Jane Natalia Suryanto

6. Kalimantan Utara, Andi Sulaiman - Andri Partono.

Setelah pembacaan, perwakilan calon Kepala Daerah yang diusung menerima penyerahanan Surat Keputusan (SK) dari DPP PDIP. Megawati secara langsung menyerahkan SK tersebut kepada calon kepala daerah.

Diberitakan sebelumnya, PDIP sudah mengumumkan bakal calon kepala daerah melalui dua gelombang. Namun, partai berlambang banteng itu belum mengumumkan pasangan calon di Pilgub Jakarta meski nama Anies Baswedan digadang-gadang bakal maju.