Bagikan:

SLEMAN - PDIP menyiapkan tiga nama bakal calon gubernur Jawa Tengah yang akan diusung dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2024 mendatang.

Ada tiga kandidat yang tengah menjalani proses seleksi internal partai sebelum diputuskan siapa yang akan maju sebagai calon gubernur.

Ketua DPP PDIP Ganjar Pranowo menjelaskan, partainya sedang melakukan proses rekrutmen dan seleksi untuk menentukan calon yang paling tepat.

"Kita tinggal jalan saja, semua kandidat sekarang lagi berproses. Kita ada proses rekrutmen di dalam, dan sekarang ada proses seleksi di dalam. Rekrutmennya sudah, kandidatnya masuk. Proses selanjutnya sekarang lagi dilakukan asesmen satu per satu," ujar Ganjar Selasa kemarin.

Ganjar mengungkapkan, ketiga kandidat yang tengah diseleksi tersebut adalah mantan wali kota Semarang, Hendrar Prihadi, politisi senior PDIP Jawa Tengah Rukma Setyabudi, dan mantan panglima TNI Andika Perkasa. Ketiganya dipandang memiliki kapabilitas dan pengalaman untuk memimpin Jawa Tengah.

"Kalau kemarin ada nama Mas Hendi (Hendrar Prihadi) yang sudah daftar, ada nama Mas Rukma (Rukma Setyabudi), ada Pak Andika (Andika Perkasa), tinggal ini proses seleksi dilakukan," jelas Ganjar.

Dengan dominasi politiknya di Jawa Tengah, PDIP memiliki kekuatan besar untuk mengajukan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur tanpa koalisi, mengingat partai ini memiliki 33 kursi di DPRD provinsi.