Bagikan:

JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) mengatakan ada tiga isu utama yang bakal dibahas selama pelaksanaan Rakernas V pada hari ini, Jumat, 24 Mei hingga Minggu, 26 Mei mendatang. Di antaranya adalah terkait sikap politik hingga persiapan pilkada.

“Mengenai isi materi dan sebagainya rakernas ini nanti akan membahas persoalan-persoalan yang terkait tiga persoalan pokok. Pertama tentang sikap politik dari PDI Perjuangan baik internal maupun eksternal,” kata Ketua Steering Committee Rakernas V PDIP Djarot Saiful Hidayat kepada wartawan di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Jumat, 24 Mei.

“Sikap politik dan posisi PDI Perjuangan akan digodok di kelompok satu,” sambungnya.

Kedua, Djarot bilang, pembahasan soal program kerakyatan akan dilakukan. “Bagaimana partai bisa merumuskan program kerakyatan untuk bisa mengangkat harkat dan derajat pada masyarakat, rakyat utamanya tani, nelayan, buruh, pemuda dan perempuan. Ini akan digodok di kelompok dua,” tegasnya.

Ketiga, PDIP bakal membahas soal strategi pemenangan Pilkada 2024. DPC dan DPD nantinya dibagi menjadi tiga kelompok.

Kelompok pertama, sambung Djarot, berasal dari DPC dan DPD yang perolehan suaranya saat Pemilu 2024 lalu mendapat suara 20 persen atau lebih. “Kemudian sub kelompok kedua ini adalah DPC DPD yang memperoleh kursi 10 sampai 20 persen. Dan yang di bawah masuk sub komisi kelompok 3,” jelasnya.

Selain itu, PDIP juga akan mendengar pandangan umum dari masing-masing DPD terkait kondisi pascapemilu 2024. “Ini gambaran secara umum dan akhirnya di hari terakhir akan dibacakan rekomendasi baik internal maupun eksternal partai,” kata Djarot.

“Semua putusan rakernas diambil berdasarkan asas musyawarah mufakat,” sambung Ketua DPP PDIP itu.

Sebagai informasi, PDIP menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V pada 24-26 Mei 2024 mendatang di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta. Tema yang dibawakan adalah 'Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang' dengan sub tema 'Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya'.

Rencananya kegiatan ini akan dihadiri 4.858 peserta yang terdiri dari seluruh fungsionaris partai seperti DPP Partai; Ketua, Sekretaris, Bendahara DPD dan DPC Partai; Anggota DPR RI; badan dan sayap partai; Ketua, Sekretaris, Bendahara Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) dari 16 negara.

Kemudian hadir juga anggota DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota; kepala dan wakil kepala daerah PDIP; serta calon anggota DPR RI terpilih pemilu 2024 yang non-incumbent. Nantinya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan menyampaikan pidato politik saat pembukaan.