Bagikan:

JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) menggelar rapat kerja nasional (rakernas) di Beach City Internasional Ancol, Jakarta Utara pada 24-26 Mei. Ada tiga hal yang bakal dibahas, salah satunya sikap di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Seluruh kekuatan tiga pilar partai yaitu struktur partai, eksekutif, dan legislatif untuk bersama-sama menganalisis, membahas beberapa hal terkait dengan tiga sikap yang akan dibahas. Pertama tentang sikap dan posisi politik PDI Perjuangan,” kata Steering Comitee Rakernas PDIP yang juga Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 16 Mei.

Selain itu, PDIP bakal membahas soal program kerakyatan. “Dan ketiga tentang strategi pemenangan Pilkada Serentak 2024,” tegas Djarot.

Djarot lebih lanjut menyebut tema rakernas adalah ‘Satyam Eva Jayate: Kebenaran Pasti Menang’ dengan sub tema ‘Kekuatan Persatuan Rakyat, Jalan Kebenaran yang Berjaya’ yang dianggap cocok dengan kondisi saat ini.

Adapun kegiatan ini bakal diikuti fungsionaris DPP PDIP, tiga pilar partai hingga DPD dan DPC, kepala daerah dari PDIP. Kemudian, anggota legislatif yang menjabat dan terpilih dalam Pileg 2024 juga akan hadir.

“Rakernas V PDIP akan diadakan di tengah-tengah keprihatinan atas bekerjanya sisi gelap kekuasaan melalui manipulasi hukum, penggunaan sumber daya negara dan alat-alat negara serta berbagai upaya lain yang mengerdilkan demokrasi,” ujarnya.

“Yang sering disebut beberapa pengamat sedang memasuki kegelapan demokrasi,” pungkas Djarot.