Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani tak mau banyak bicara soal sikap politik PDIP di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Publik diminta menunggu penutupan Rakernas V PDIP yang bakal dilaksanakan pada Minggu besok, 26 Mei. 

“Kita lihat besok,” kata Puan singkat kepada wartawan di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Jumat, 25 Mei.

Puan juga tak mau memastikan soal momentum pengumuman itu. Ketua DPR RI itu hanya menyebut keputusan akhir berada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan mendengar pendapat dari DPC maupun DPD PDIP.

“Sikap politik nantinya akan diserahkan kepada ketua umum,” tegasnya.

 

 

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri belum menyampaikan sikap partainya di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Dia masih akan mendengar suara akar rumput sebelum mengambil keputusan.

“Bagaimana sikap PDIP terhadap pemerintahan ke depan, tentu harus dicermati dengan seksama,” kata Megawati saat membuka Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium yang dikutip pada Sabtu, 25 Mei.

Megawati menegaskan suara akar rumput, seperti DPC dan DPD akan didengarkan tanpa terkecuali. “Dari yang berteriak-teriak sampai sayup-sayup dan terus berjuang bagi lembaga demokrasi yang sehat inilah bagian daripada skala prioritas di Rakernas V ini,” tegasnya. 

Meski begitu, Presiden ke-5 RI itu tetap menyinggung perlunya penyeimbang untuk menyehatkan demokrasi ke depan. Kontrol tetap diperlukan terhadap pemerintahan yang sedang berjalan.

“Di dalam menyikapi politik ke depan sebagai partai yang memiliki sejarah panjang dalam memperjuangkan demokrasi kita tetap menempatkan penting adanya check and balance bahwa demokrasi memerlukan kontrol dan penyeimbang,” ungkap Megawati.