Bagikan:

JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) akan melaksanakan Rakernas V mulai hari ini, Jumat, 24 Mei hingga Minggu, 26 Mei. Pembukaan bakal dilaksanakan sekitar pukul 14.00 WIB dan ribuan kader partai diperkirakan akan memenuhi Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara (Jakut).

“Hari pertama akan disampaikan pidato politik Ibu Ketua Umum yang menjadi suatu arah kebijakan di dalam seluruh materi yang dibahas di dalam rapat kerja nasional. Kemudian ada pengarahan dari Ketua DPR RI Mbak Puan Maharani,” kata Hasto kepada wartawan yang dikutip pada Jumat,

Adapun para peserta yang terdiri dari fungsionaris partai, anggota dewan hingga kepala dan wakil kepala daerah partai akan memasuki ruangan tempat acara berlangsung sekitar pukul 13.30 WIB. Pembukaan kemudian dilaksanakan setelahnya dengan lebih dulu menyanyikan Indonesia Raya.

Setelahnya, Megawati akan menyampaikan pidatonya. Kemudian acara juga akan diisi dengan pertunjukkan tari perjuangan dari Yogyakarta dan Bali.

“Dan di dalam acara pembukaan nanti akan diserahkan oleh para atlet yang telah membawa lari api perjuangan dari Bumi Mrapen kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri,” tegasnya.

Nantinya, api yang berasal dari Api Abadi Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah itu bakal dibawa ke sekolah partai di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Hasto berharap kader yang disiapkan menjadi calon pemimpin bisa meresapi makna dari api perjuangan tersebut.

Hasto bilang langkah ini sudah didiskusikan langsung bersama Megawati. “Maka api abadi dari Mrapen ini nanti setelah Rakernas akan ditaruh di sekolah partai PDIP,” ujarnya.

“Sehingga mereka yang dididik oleh partai menjadi calon-calon pemimpin bisa menangkap api perjuangan yang tak kunjung padam. Menangkap budaya sportivitas, fairness, dan budaya mengejar prestasi dengan tetesan keringat kita. Tetesan keringat perjuangan,” sambung Hasto.

Sebagai informasi, PDIP menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V pada 24-26 Mei 2024 mendatang di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta. Tema yang dibawakan adalah 'Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang' dengan sub tema 'Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya'.

Rencananya kegiatan ini akan dihadiri 4.858 peserta yang terdiri dari seluruh fungsionaris partai seperti DPP Partai; Ketua, Sekretaris, Bendahara DPD dan DPC Partai; Anggota DPR RI; badan dan sayap partai; Ketua, Sekretaris, Bendahara Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) dari 16 negara.

Kemudian hadir juga anggota DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota; kepala dan wakil kepala daerah PDIP; serta calon anggota DPR RI terpilih pemilu 2024 yang non-incumbent. Nantinya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan menyampaikan pidato politik saat pembukaan.