Bagikan:

JAKARTA - Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak merespons pidato yang disampaikan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dalam Rapat Kerja Nasional V PDIP, akhir pekan kemarin.

Hal itu diungkapkan Ari Dwipayana saat ditanya tentang tanggapan Presiden Joko Widodo terkait pidato Megawati Soekarnoputri dalam rakernas yang digelar di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara.

"Presiden Jokowi tidak dalam posisi menanggapi pidato ketum PDIP, karena Rakernas PDIP merupakan agenda internal dan pidato tersebut ditujukan untuk kalangan internal PDIP," kata Ari Dwipayana, Minggu 26 Mei.

Dalam Rakernas V PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri membahas berbagai hal, termasuk pemimpin otoriter populis, kelahiran reformasi untuk mewujudkan negara hukum yang demokratis, hingga revisi Undang-Undang Mahkamah Konstitusi (MK) dan UU Penyiaran.

Ari Dwipayana menjelaskan saat pidato tersebut disampaikan, Presiden Joko Widodo sedang melakukan kegiatan internal di Istana Kepresidenan Yogyakarta.

PDIP menggelar Rakernas ke-V pada 24-26 Mei 2024 di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, dengan tema "Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang" dan subtema "Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya".