Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri akan menyampaikan pidato politik pada hari pertama Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, pada Jumat, 24 Mei 2024.

Hal ini disampaikan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, usai melaksanakan prosesi penyerahan obor api abadi dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah, yang dibawa oleh pelari maraton.

"Hari pertama akan disampaikan pidato politik Ibu Ketua Umum yang menjadi suatu arah kebijakan di dalam seluruh materi yang dibahas di dalam rakernas," kata Hasto dalam sambutannya, Kamis, 23 Mei 2024.

Hasto juga bilang Ketua DPP PDIP Puan Maharani juga akan berpidato di hadapan kader yang akan hadir. Selain itu, pencapaian partai selama ini juga akan disampaikan dalam Rakernas V PDIP.

"Kemudian kita mendengarkan pandangan umum DPD DPD Partai yang telah menyerap aspirasi dari arus bawah, anak ranting, dan PAC partai," tuturnya.

Selanjutnya, acara Rakernas V itu akan diisi dengan pembekalan dari pihak eksternal. Pembahasannya berkaitan dengan problematika bangsa.

Kemudian dalam Rakernas V nanti ada juga evaluasi yang bakal dilakukan PDIP. Proses ini biasanya dilaksanakan saat sidang komisi terkait.

"Juga dilakukan dilakukan suatu upaya merumuskan langkah-langkah konsolidasi ke depan, persiapan Pilkada serentak dan sikap politik yang akan disampaikan oleh partai," ungkap Hasto.

Diberitakan sebelumnya, PDIP menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V pada 24-26 Mei 2024 di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta.

Tema yang dibawakan adalah 'Satyam-eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang' dengan subtema 'Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya'.

Rencananya, kegiatan ini akan dihadiri 4.858 peserta yang terdiri dari seluruh fungsionaris partai seperti DPP Partai; Ketua, Sekretaris, Bendahara DPD dan DPC Partai; Anggota DPR RI; badan dan sayap partai; Ketua, Sekretaris, Bendahara Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) dari 16 negara.

Kemudian hadir juga anggota DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota; kepala dan wakil kepala daerah PDIP; serta calon anggota DPR RI terpilih pemilu 2024 yang non-incumbent.