Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani membacakan rekomendasi eksternal saat penutupan Rakernas V PDIP pada hari ini, Minggu, 26 Mei. Salah satu poinnya adalah minta Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri hanya berkomunikasi dengan pihak yang punya konsistensi menjaga demokrasi.

“Merekomendasikan kepada Ketua Umum PDI Perjuangan untuk hanya melakukan kerjasama dan komunikasi politik dengan pihak-pihak yang memiliki komitmen tinggi di dalam menjamin pelaksanaan agenda reformasi, penguatan supremasi hukum, dan sistem meritokrasi, serta peningkatan kualitas demokrasi yang berkedaulatan rakyat dan peningkatan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat,” kata Puan saat membacakan rekomendasi saat menutup Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara.

Puan menyebut rekomendasi ini disampaikan sebagai sikap konsisten untuk menjaga demokrasi. Selain itu, suara DPC dan DPD PDIP didengarkan seperti pernyataan Megawati.

Meski begitu, Puan menyebut Megawati punya kewenangan penuh untuk menentukan sikap politik PDIP sesuai AD/ART. Pernyataan ini masuk dalam rekomendasi pada poin 16 dari 17 yang dihasilkan.

“Rakernas V Partai telah melakukan kajian mendalam terhadap berbagai persoalan bangsa dan negara, baik nasional maupun internasional. Berbagai persoalan tersebut di atas mengandung potensi kerawanan yang harus dicermati langkah mitigasinya agar tidak menciptakan krisis,” ungkap Ketua DPR RI itu.

“Rakernas V memandang pentingnya keteguhan kepemimpinan partai didalam menghadapi transisi pemerintahan kedepan. Oleh karena itu Rakernas V Partai memberikan kewenangan penuh kepada Ketua Umum PDI Perjuangan sesuai dengan ketentuan Pasal 15 Anggaran Rumah Tangga PDI Perjuangan untuk menentukan sikap politik partai terhadap pemerintah,” sambung Puan membacakan rekomendasi tersebut.

Diberitakan sebelumnya, PDIP menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V pada 24-26 Mei 2024 mendatang di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta. Tema yang dibawakan adalah 'Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang' dengan sub tema 'Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya'.

Kegiatan ini dihadiri 4.858 peserta yang terdiri dari seluruh fungsionaris partai seperti DPP Partai; Ketua, Sekretaris, Bendahara DPD dan DPC Partai; Anggota DPR RI; badan dan sayap partai; Ketua, Sekretaris, Bendahara Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) dari 16 negara.