Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani membacakan 17 poin rekomendasi eksternal Rakernas V PDIP pada hari ini, Minggu, 26 Mei. Salah satunya adalah minta Megawati Soekarnoputri kembali menjadi Ketua Umum PDIP periode 2025-2030.

Puan menyebut rekomendasi ini muncul setelah mendengar masukan dari DPD PDIP ketika sidang komisi saat pelaksaan rakernas.

"Rakernas V partai setelah mendengarkan pandangan umum DPD PDI Perjuangan se-Indonesia memohon kesediaan Megawati Soekamoputru untuk dapat diangkat dan ditetapkan kembali sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan periode 2025-2030 pada Kongres VI tahun 2025,” kata Puan saat membacakan hasil Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara. 

Selain itu, kader partai juga menyerahkan sepenuhnya sikap politik partai ke tangan Megawati. Hal ini sesuai dengan AD/ART PDIP.

“Rakernas V partai memberikan kewenangan penuh kepada Ketua Umum PDI Perjuangan sesuai dengan ketentuan Pasal 15 anggaran rumah tangga PDI Perjuangan untuk menentukan sikap politik partai terhadap pemerintah," ujar Puan.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menggoda Ketua DPP PDIP Puan Maharani untuk bertukar peran. Momen ini sempat membuat heboh Rakernas V PDIP di Beach International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Jumat, 24 Mei.

Awalnya, Megawati memperkenalkan Puan yang saat ini menjabat sebagai ketua DPR RI. Dia bilang Puan kerap bepergian ke luar kota bahkan luar negeri untuk menghadiri acara legislatif.

"Mbak Puan, saya bilang pada Mbak Puan, sebagai ketua DPR, wah, pergi ke luar negeri terus. Tapi itu kerja lho, bukannya jadi turis," kata Megawati di hadapan para kader dan tamu undangan.

Megawati kemudian menyebut Puan baru saja menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) 2024 di Bali. Lalu, dia juga menghadiri acara legislatif tingkat dunia di Meksiko.

Melihat kesibukan ini, Megawati berkelakar mengajak Puan bertukar peran. Presiden ke-5 RI itu jadi Ketua DPR RI sementara Puan jadi Ketua Umum PDIP.

"Saya bilang, 'gantianlah sama saya. Saya deh yang jadi ketua DPR, kamu yang jadi ketua umum'," ujar Megawati yang membuat heboh para kader.

"Lho enak-enak saja, masa saya yang disuruh nongkrong di sini. Terus keadaannya gonjang ganjing enggak jelas," imbuhnya sambil tersenyum.

Sementara itu, Puan saat dimintai tanggapan soal kelakar Megawati tak mau menjawab banyak. Ia hanya minta masyarakat mendoakannya.

“Berdoa saja (kemarin digoda Megawati untuk tukar tempat, red). Insyaallah,” kata Puan sambil tersenyum kepada wartawan di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu, 25 Mei.