Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menggoda Ketua DPP PDIP Puan Maharani bertukar peran. Momen ini sempat membuat heboh Rakernas V PDIP di Beach International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Jumat, 24 Mei.

Awalnya, Megawati memperkenalkan Puan yang saat ini menjabat sebagai ketua DPR RI. Dia bilang Puan kerap bepergian ke luar kota bahkan luar negeri untuk menghadiri acara legislatif.

"Mbak Puan, saya bilang pada Mbak Puan, sebagai ketua DPR, wah, pergi ke luar negeri terus. Tapi itu kerja lho, bukannya jadi turis," kata Megawati di hadapan para kader dan tamu undangan.

Megawati kemudian sempat menyebut Puan baru saja menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) 2024 di Bali. Lalu, dia juga menghadiri acara legislatif tingkat dunia di Meksiko.

Melihat banyaknya pekerjaan Puan, Megawati lantas menggodanya. Dia mengajak anaknya itu bertukar peran yang berarti Puan menjadi Ketua Umum PDIP.

"Saya bilang, 'gantianlah sama saya. Saya deh yang jadi ketua DPR, kamu yang jadi ketua umum'," ujar Megawati yang membuat heboh para kader.

"Lho enak-enak saja, masa saya yang disuruh nongkrong di sini. Terus keadaannya gonjang ganjing enggak jelas," imbuhnya sambil tersenyum.

Puan yang ada di hadapan Megawati kemudian disorot kamera. Terlihat dari layar, dia kemudian tertawa mendengar godaan ibunya.

Diberitakan sebelumnya, PDIP menggelar Rakernas V selama tiga hari pada 24-26 Mei. Ada tiga agenda utama yang bakal dibahas.

Pertama terkait sikap politik partai berlambang banteng selama lima tahun mendatang atau di masa pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Agenda kedua Rakernas V PDIP adalah membahas program-program kerakyatan yang akan diusung PDIP.

Kemudian akan dibicarakan strategi pemenangan untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. Pembahasan itu Pilkada akan dibagi dalam sejumlah sub-kelompok.