Bagikan:

JAKARTA - Wasekjen PKB, Syaiful Huda, mengungkapkan tidak lama lagi partainya akan mengumumkan secara resmi calon gubernur yang akan diusung untuk Pilgub Jawa Timur 2024.

Saat ini PKB tengah mempersiapkan dua nama kandidat yang akan menjadi kompetitor cagub petahana, Khofifah Indar Parawansa. Salah satunya mantan Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar.

"Untuk calon kita ada Kiai Marzuki Mustamar. Termasuk kalau perempuan, kita juga sedang siapkan. Mungkin dua minggu lagi," ujar Huda di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 21 Mei.

Huda mengaku, PKS sudah membangun komunikasi dengan PKB untuk berkoalisi di Pilkada Jatim. Namun, kata dia, PKB akan memutuskannya dalam dua Minggu ke depan.

"Temen-temen PKS bersepakat untuk bangun koalisi, namun komunikasi dengan PKB, kita lihat mungkin seminggu dua minggu ini," kata Huda.

Diberitakan sebelumnya, PKS dipastikan akan kembali berkoalisi dengan PKB di Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024.

PKS menilai, perlu ada pasangan cagub dan cawagub lain untuk menjadi kompetitor petahana, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak. Soal nama, PKS menyerahkan urusan itu ke PKB.

"Yang paling baik tentu tidak tunggal ya, harus ada kompetitornya. Tentu karena di koalisi pilpres Jawa Timur itu diserahkan ke PKB, kita banyak komunikasi dengan temen-temen PKB," ujar Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 20 Mei.

Mardani mengatakan, saat ini belum ada nama yang mengerucut untuk didukung pada Pilgub Jatim mendatang. Namun, pembicaraan mengenai nama calon sudah dilakukan antara PKS dan PKB.

Belakangan muncul nama mantan Ketua PWNU KH Marzuki Mustamar yang akan menjadi pesaing Khofifah. Namun, Mardani menegaskan terkait nama akan diumumkan segera.

"Nanti akan ada pengumuman,"  kata Mardani.