Bagikan:

JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan akan membentuk poros baru di luar parpol pendukung Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak di Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024. 

Diketahui, pasangan petahana Khofifah-Emil telah mengantongi restu dari empat parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) yakni Golkar, Gerindra, Demokrat dan PAN.  

Sama seperti di Pilgub Jabar, PKB juga mengambil sikap menjadi kompetitor petahana di Pilgub Jatim. Apalagi, PKB memiliki golden tiket sehingga bisa mencalonkan tanpa berkoalisi. 

"Posisi di Jawa Timur sama, posisi PKB akan membikin poros di luar Mbak Khofifah. Karena PKB termasuk yg mendapat golden tiket di Jawa Timur, tanpa koalisi dengan partai lain PKB bisa mendorong poros di luar Mbak Khofifah. Tetapi PKB tetap bangun komunikasi dengan partai lain," ujar Wasekjen PKB Syaiful Huda kepada wartawan, Jumat, 17 Mei. 

PKB sudah mengusulkan nama mantan Ketua PWNU Jatim, Kiai H. Marzuki Mustamar. Namun, PKB juga punya calon perempuan yang siap menjadi pesaing Khofifah. 

"Beberapa nama sudah beredar di sana, khusus Jawa Timur saya kira saya bisa menyebut nama kiai Marzuki Mustamar, mantan Ketua PWNU jadi salah satu opsi yang kami dorong," kata Huda. 

 

 

"Termasuk ada nama yang sama, sama-sama perempuan yang nanti kira-kira bisa berkompetisi sesama perempuan dengan Mbak Khofifah," sambungnya. 

Perempuan ini, kata Huda, merupakan kompetitor yang setara dengan Khofifah. Namun dia masih merahasiakan nama perempuan tersebut.

"Minggu ini kami sebutkan nama dari perempuan yang akan menjadi kompetitor cukup sengit untuk mbak Khofifah," pungkasnya.