Bagikan:

JAKARTA - Seorang pria dituduh menendang bison di taman nasional saat dalam keadaan mabuk, tingkah yang membuatnya terluka dan membuatnya harus berurusan dengan hukum.

Clarence Yoder dari Idaho, Idaho dituduh menendang kaki bison di Taman Nasional Yellowstone, Amerika Serikat, kata pejabat taman.

Rilis berita National Park Service mengatakan, Yoder mendekati bison "terlalu dekat (dalam jarak 25 yard)" pada sore Hari Minggu, 21 April, di jalan sekitar tujuh mil sebelah timur Pintu Masuk Barat taman, dikutip dari CNN 5 Mei.

Rilis tersebut mengatakan, penjaga taman pergi ke daerah tersebut setelah mendapat "laporan tentang seseorang yang melecehkan kawanan bison dan menendang kaki bison. Mereka menemukan kendaraan tersangka di dekat Pintu Masuk Barat dan menghentikannya di Kota West Yellowstone, Montana.”

Rangers membawa Yoder yang berusia 40 tahun ke fasilitas medis terdekat di mana dia "dievaluasi, dirawat dan dibebaskan dari perawatan medis," kata rilis tersebut, sebelum kemudian dibawa ke Pusat Penahanan Gallatin County di Bozeman, Montana.

bison di taman nasional yellowstone
Bison di Yellowstone National Park. (Wikimedia Commons/James St. John)

Pihak taman tidak memiliki rincian lebih lanjut tentang peristiwa itu atau sifat cedera Yoder. Namun, ia menghadapi empat dakwaan, meliputi: berada di bawah pengaruh alkohol sampai tingkat yang bisa membahayakan diri sendiri, perilaku tidak tertib yang bisa menimbulkan bahaya, mendekati satwa liar, mengganggu satwa liar.

Selain Yoder, pihak berwenang juga menangkap dan mendakwa pengemudi kendaraan yang ditumpanginya, McKenna Bass. Ia didakwa mengemudi di bawah pengaruh alkohol, gangguan karena kegagalan menyalakan lampu darurat dan mengganggu satwa liar.

Baik Yoder maupun Bass sama-sama melepaskan hak mereka untuk diwakili oleh pengacara dan mengajukan pernyataan tidak bersalah pada tanggal 22 April, menurut dokumen Pengadilan Distrik AS yang diperoleh CNN.

Setiap pelanggaran dapat dikenai denda hingga 5.000 dolar AS dan hukuman enam bulan penjara. Kasus ini masih dalam proses investigasi, demikian rilis NPS.

Ini merupakan insiden pertama yang melibatkan bison di Taman Nasional Yellowstone pada tahun 2024. Sebelumnya, ada satu insiden yang dilaporkan pada tahun 2023 dan tiga insiden pada tahun 2022, kata taman nasional tersebut.

Taman nasional ini mengeluarkan saran peringatan, mengatakan kepada pengunjung untuk mengingat hewan-hewannya "liar dan bisa berbahaya ketika didekati.

"Ketika seekor hewan berada di dekat perkemahan, jalan setapak, jalan setapak, tempat parkir atau di area yang sudah dikembangkan, beri jarak. Jauhkan diri Anda lebih dari 25 yard (23 meter) dari semua hewan besar, bison, rusa, domba bighorn, rusa besar dan anjing hutan, serta setidaknya 100 yard (91 meter) dari beruang dan serigala."

Bison jantan dewasa dapat mencapai berat hingga 2.000 pon (900 kilogram), kata pihak taman nasional. Meskipun besar, mereka dianggap lincah dan dapat berlari hingga 30 mil per jam (48 kilometer per jam). Mereka dapat melompati objek setinggi 5 kaki (1,5 meter) dan bisa menjadi agresif.