Invasi Rusia Sebabkan Semua Pejantan Mati, Bison di Taman Nasional Ukraina Terancam Punah
Ilustrasi bison di Ukraina. (Wikimedia Commons/Zolonko)

Bagikan:

JAKARTA - Bison di taman nasional di sebelah timur Kyiv, Ukraina berisiko punah kecuali seekor bison jantan dapat dikirim ke sana.

Kawanan betina di Taman Alam Nasional Zalissia kehilangan semua pejantannya, setelah invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina dimulai dua tahun lalu.

Berangkat dari kondisi itu, World Wide Fund for Nature (WWF) menggalang dana untuk menutupi biaya transportasi pelamar bison berbulu dari wilayah Vinnytsia di sebelah barat Kyiv.

"Relokasi hewan apa pun, bahkan hewan peliharaan sekalipun, memerlukan persiapan dan waktu yang matang. Relokasi hewan darat terbesar di Eropa memerlukan tindakan terkoordinasi selama satu tahun dan biaya awal sebesar 10.000 euro," kata CEO WWF Ukraina Dr. Bohdan Vykhor, dilansir dari Euronews 5 Maret.

"Bison membutuhkan bantuan kita," tandasnya.

Kondisi bison di Ukraina menjadi perhatian, lantaran bison Eropa hampir musnah akibat perburuan yang merajalela pada abad ke-17 hingga ke-19.

bison di ukraina
Ilustrasi bison di Kebun Binatang Kyiv, Ukraina. (Wikimedia Commons/Дмитрий Cкляренко)

Pada tahun 1900, hanya tersisa dua populasi di alam liar; satu di Hutan Białowieża yang berbatasan dengan Belarus dan Polandia. Satu lagi di pegunungan Kaukasus barat yang membentang di sepanjang perbatasan selatan Rusia dengan Georgia.

Kedua kawanan tersebut punah pada tahun 1927, menurut Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN), dengan spesies tersebut bertahan hidup di beberapa kebun binatang Eropa.

Namun, keberhasilan reintroduksi telah membantu hewan tersebut kembali lagi ke lanskap hutan alam Eropa, tempat mereka berkontribusi terhadap ekosistem yang sehat dan beragam.

Bison Eropa kini hidup bebas di Polandia, Lituania, Rusia, Ukraina dan Slovakia. Dan, populasi mereka meningkat menjadi sekitar 7.000 ekor.

Białowieża kembali menjadi sarang herbivora terbesar di Eropa, dengan sekitar 1.000 bison berkeliaran di hutan purba. Dari sinilah delapan hewan ditranslokasi ke Taman Alam Nasional Zalissia pada tahun 1967.

Subpopulasi Zalissia adalah satu dari tujuh subpopulasi di Ukraina, dan memiliki 21 bison dewasa sebelum perang pecah. Ada total sekitar 400 bison di seluruh negeri.

bison eropa
Ilustrasi bison di Ukraina. (Wikimedia Commons/Zolonko)

Invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina pada Bulan Februari 2022 membawa ancaman baru terhadap satwa liar pada saat mereka kembali menguasai daratan.

Rumah mereka, bersama dengan desa-desa di sekitarnya, merupakan daerah pertempuran sengit pada bulan-bulan pertama perang.

Pada Bulan Maret 2022, sebagian besar dari kawasan berpagar seluas 148 kilometer persegi di cagar alam tersebut dihancurkan. Keempat bison jantan dewasa dibunuh, kata cabang WWF Eropa Tengah dan Timur (CEE).

Menurut European Wilderness Society, bison sangat rentan dan "tidak berdaya dalam menyelamatkan nyawa mereka di bawah serangan roket" karena ukuran mereka yang lamban dan perilaku reaktif. Mamalia besar seperti bison juga terancam ranjau darat.

Pada Hari Valentine lalu, WWF mengumumkan misi mencari pasangan bagi kawanan betina yang terancaman punah di Zalissia.

bison eropa
Ilustrasi bison di Kebun Binatang Kyiv, Ukraina. (Wikimedia Commons/Annchik)

Dua bison jantan dari wilayah Vinnytsia di sebelah barat Kyiv diharapkan dapat menyelamatkan kawanan tersebut, kata para ahli satwa liar. Namun, agar mereka dapat melakukan hal ini, hewan-hewan tersebut harus melakukan perjalanan sekitar 300 km di sekitar Kyiv, sebuah perjalanan sulit yang tidak dapat mereka lakukan sendirian.

WWF Ukraina sedang berusaha mendapatkan izin dari Kementerian Perlindungan Lingkungan dan Sumber Daya Alam Ukraina sebelum pekerjaan dapat dimulai, karena bison termasuk dalam ‘Buku Merah’ spesies terancam di Ukraina.

Badan amal tersebut berencana untuk mentranslokasi bison pada Bulan September, bekerja sama dengan para ilmuwan yang akan memilih bison jantan dan metode penangkapannya. Dokter hewan juga diperlukan untuk memantau hewan, membangun kandang, dan menyimpan makanan, yang semuanya memerlukan biaya.

Namun dengan bantuan para donatur, mereka berharap dapat memberikan jawaban atas doa-doa para pengungsi pada Bulan Desember.

"Bison Eropa adalah salah satu mamalia besar yang paling terancam di dunia, dan dilindungi di tingkat Eropa. WWF berupaya untuk memperkenalkan kembali bison ke wilayah tersebut," kata Irene Lucius, direktur konservasi regional WWF CEE.

"Setelah lama absen, hal ini tidak hanya dapat menghidupkan kembali populasi spesies yang terancam ini tetapi juga memperkaya dan memulihkan lanskap liar yang tersisa di Eropa," lanjutnya.

Saat menjelajah untuk mencari makanan, bison membantu menciptakan mosaik kawasan hutan dan padang rumput, sebuah lanskap yang sangat dihargai karena keanekaragaman hayati dan ketahanannya dalam menghadapi perubahan iklim.

Bison juga dapat membantu hewan lain dalam perjalanan membangun kembali mereka. Jika habitatnya dilestarikan secara aktif, bison dapat menjaga koridor ekologi dalam skala besar sehingga membantu migrasi karnivora besar seperti beruang coklat, serigala dan lynx.