Merinding, Warga Pondok Kopi Diserang Penyakit Gatal-gatal
Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Warga Jalan Pondok Kopi Raya, Gg Si'in RT 01/01, Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur mengalami gatal-gatal pada Kamis, 2 Mei.

Setelah ditelusuri penyebabnya, rupanya terdapat sarang ulat bulu yang di sebuah kebun kosong. Warga pun melaporkan ke petugas Sektor Damkar terdekat untuk melakukan evakuasi sarang ulat bulu.

"Setelah mendapat laporan, kami kerahkan 4 personel satgas pondok kopi untuk penanganan. Alat yang digunakan sprayer elektrik manual berisi obat karbol 450 mili yang dicampur dengan 15 liter air bersih. Kemudian kami semprotkan ke kebun sarang ulat bulu dengan empat kali pengisian," ujar Kasiop Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman saat dikonfirmasi, Kamis 2 Mei.

Luas area kebun kosong markas ulat bulu yang disemprot cairan karbol seluas 100 meter persegi. Proses penanganan berlangsung selama 90 menit.

"Laporan awalnya ada warga terserang gatal - gatal, ternyata ada banyak ulat bulu yang berasal dari kebun. Menurut keterangan warga, sebelumnya sarang ulat bulu berada di pohon petai namun ditebang, sehingga ulat bulu menyebar ke permukiman warga," katanya.

Hingga kini, situasi penanganan evakuasi sarang ulat bulu sudah kondusif. Warga Pondok Kopi pun terbebas dari teror serangan sarang ulat bulu.