China Buka Kembali Akses Pendakian Gunung Everest Bagi Orang Asing, Pernah Lebih Terkenal dari Jalur Nepal
Pendakian Gunung Everest dari sisi Tibet. (Wikimedia Commons/Mondo79)

Bagikan:

JAKARTA - Otoritas China untuk pertama kalinya kembali mengizinkan pendaki asing mendaki Gunung Everest melalui Tibet, setelah sempat ditutup selama pandemi.

Alih-alih melalui pejabat atau dewan pariwisata di Beijing, semua izin untuk menggunakan rute China untuk mendaki gunung yang di sana dikenal dengan nama Qomolangma, didistribusikan oleh Asosiasi Pendakian Gunung Tibet (China Tibet Mountaineering Association/CTMA).

Salah satu pemandu Barat yang lebih memilih rute Tibet daripada puncak gunung tertinggi di dunia (dari utara), dibandingkan rute Nepal yang lebih terkenal (dari selatan) adalah Adrian Ballinger, yang telah mencapai puncak Everest delapan kali.

Tahun ini, ia akan memimpin rombongan pendaki melalui perusahaannya, Alpenglow Expeditions, seperti mengutip CNN 3 April.

Setiap tahunnya, otoritas setempat menerbitkan maksimal sekitar 300 izin untuk pendaki non-Tiongkok.

Namun, tidak ada pengumuman resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah Tiongkok yang memberi tahu masyarakat bahwa tiket masuk akan diberikan.

Akibatnya, kata Ballinger, cara terbaik bagi pendaki non-Tiongkok untuk mengetahui bahwa sisi Tibet dari Everest akan dibuka adalah ketika CTMA mengirimkan daftar harga untuk musim tersebut. Daftar ini mencakup biaya yak (yang membawa perlengkapan naik dan turun gunung), pemandu lokal, penerjemah, dan transportasi dari ibu kota Tibet, Lhasa, ke Base Camp Everest.

Orang asing yang memperoleh visa turis ke Negeri Tirai Bambu harus mendapatkan izin tambahan terpisah untuk Tibet, yang merupakan wilayah semi-otonom. CTMA membantu dalam hal ini untuk pendaki.

Kesempatan untuk mendaki Everest kecil, biasanya antara akhir April dan pertengahan Mei. Tim Ballinger sendiri akan tiba di Tiongkok pada 25 April setelah melakukan pra-aklimatisasi di rumah untuk menghemat waktu.

Belakang, jalur pendakian Everest melalui Tibet tidak sepopuler jalur pendakian melalui Nepal.

Meskipun Nepal memiliki jalur yang lebih terkenal dan lebih banyak difoto menuju puncak Everest, jumlah pengunjung yang lebih besar berkorelasi dengan lebih banyak sampah, lebih banyak erosi dan lebih banyak kotoran manusia.

Namun, tidak selalu demikian.

"Pendakian dari sisi Tiongkok dulu lebih populer daripada pendakian dari sisi Nepal. Jadi dari sekitar tahun 2000 hingga 2007, sisi China adalah sisi yang lebih populer, dan secara umum dipahami alasan mengapa sisi ini lebih populer adalah karena lebih aman," jelas Ballinger.

Pada tahun 2008, lanjutnya, Tiongkok menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas di Beijing. Sebelum tiba di ibu kota, Api Olimpiade melakukan perjalanan ke Everest, meskipun faktanya sudah ada kelompok turis yang siap untuk mendaki puncak tertinggi di dunia tersebut.

"Delapan hari sebelum kami semua tiba di gunung pada tahun 2008, mereka menutup gunung selama satu musim penuh, dan banyak orang kehilangan banyak uang," kata Ballinger.

"Dan karena keputusan itu, bisnis beralih ke pihak Nepal pada tahun itu," sambungnya.

Sekarang, dengan pendaki asing dapat mengakses Everest melalui rute utara melalui Tibet untuk pertama kalinya sejak tahun 2020, tren tersebut perlahan-lahan mulai berbalik.