Bagikan:

JAKARTA - Mengantisipasi kejahatan pencurian rumah kosong saat mudik lebaran, Polres Metro Jakarta Timur mengimbau masyarakat agar segera melapor ke pihak ketua RT setempat dan pengurus lingkungan.

"Mengenai warga yang akan mudik, kami imbau agar barang berharga dan benda berharga seperti kendaraan, apabila dia mudik tidak menggunakan kendaraannya, alangkah baiknya dititipkan kepolisian dan kantor TNI terdekat agar terjamin keamanannya," kata Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Nicolas Ary Lilipaly kepada VOI, Senin, 1 April, malam.

Selain itu kepada masyarakat Jakarta Timur yang hendak mudik lebaran agar melaporkan diri kepada ketua RT atau ketua lingkungan. Agar nantinya akan disampaikan ke Babinkantibmas supaya rumah yang kosong dapat dipantau oleh pihak kepolisian.

"Kami berharap warga yang akan melakukan mudik agar memperhatikan keamanan rumahnya dan mengunci rumahnya dengan baik," ujarnya.

Selain itu, Kapolres menghimbau agar warga segera mengecek kabel listrik sebelum pergi meninggalkan rumah.

"Semua peralatan yang berbau dengan listrik agar dicek, dicabut atau dimatikan untuk menghindari hal - hal yang mendatangkan kerugian buat warga yang melakukan mudik," katanya.

Selain itu, Polres Metro Jakarta Timur juga telah membangun 11 pos pengamanan mudik lebaran yang tersebar di sejumlah titik. Tiga pos merupakan pos pelayanan dan 8 pos lainnya merupakan pos pengamanan mudik.