Petakan Titik Rawan Kriminal Mudik Lebaran 2022, Polda Sultra Prioritaskan Rumah Warga, Pelabuhan dan Terminal
Ilustrasi pelabuhan berkaitan mudik Lebaran 2022. (Antaranews)

Bagikan:

SULTRA - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) memastikan akan menjamin kenyamanan dan keamanan pemudik Lebaran 2022.

Kabid Humas Polda Sultra Kombes Pol Fery Walintukan mengatakan, anggotanya telah memetakan titik rawan kriminal berkaitan dengan momem mudik Lebaran 2022.

"Jajaran kepolisian sigap dan antisipatif menyambut mudik dan arus balik Lebaran 2022 untuk menjamin kenyamanan dan keselamatan masyarakat," kata Fery di Kendari, Selasa 19 April.

Fery mengatakan pihaknya juga telah memprediksi jumlah warga yang mudik untuk merayakan Lebaran 2022 akan meningkat signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Hal itu, katanya, disebabkan selama dua tahun warga tidak mudik ke kampung halamannya karena penyebaran COVID-19.

Terkait pemetaan titik mudik rawan kriminal, lanjut Fery, maka kepolisian bersinergi dengan pemangku kepentingan, antara lain TNI, Basarnas, Jasa Raharja, BPBD, Kesahbandaran, dan Dinas Kesehatan.

Titik yang diidentifikasi rawan kriminal saat arus mudik Lebaran 2022 adalah pelabuhan, terminal, pusat perbelanjaan, perbankan, dan rumah-rumah kosong yang ditinggal mudik para penghuni.

"Kami ingatkan pemilik rumah, pemudik melalui pelabuhan, terminal, bandar udara, dan pusat perbelanjaan agar waspada pelaku kriminal," ujarnya, melansir Antara. 

Pemilik rumah yang pulang kampung, lanjut dia, agar menitipkan kunci rumah kepada tetangga atau pamit untuk minta tolong tetangga agar mengawasi rumah.

"Pemudik diimbau menggunakan kendaraan angkutan umum dan membawa barang secukupnya sehingga tidak terjadi kelebihan muatan," tandasnya.