Kepala Mata-mata Rusia Temui Menteri Keamanan Korea Utara, SVR: Pastikan Keamanan Regional
Kepala Intelijen Rusia Sergey Naryshkin. (Wikimedia Commons/Администрация Президента России)

Bagikan:

JAKARTA - Dinas mata-mata Rusia melaporkan, kepala badan itu melakukan perjalanan ke Korea Utara pekan ini untuk memperdalam hubungan bilateral kedua negara hingga membahas keamanan regional.

Kepala Badan Intelijen Luar Negeri Rusia (SVR), penerus KGB, Sergei Naryshkin mengunjungi Pyongyang pada 25-27 Maret, kata badan itu Hari Kamis, serta laporan media pemerintah KCNA.

Di Pyongyang, Naryshkin melakukan pertemuan dengan Menteri Keamanan Negara Korea Utara Ri Chang Dae.

"Mereka membahas isu-isu topikal mengenai perkembangan situasi internasional, memastikan keamanan regional, memperdalam kerja sama Rusia-Korea Utara dalam menghadapi upaya untuk meningkatkan tekanan dari kekuatan eksternal," kata SVR, mengutip Reuters 28 Maret.

Sementara itu, KCNA mengatakan kedua belah pihak membahas peningkatan kerja sama lebih lanjut untuk menangani tindakan mata-mata, hingga rencana kekuatan musuh yang terus meningkat.

Presiden Rusia Vladimir Putin diketahui memperdalam hubungan dengan Korea Utara sejak invasi Ukraina pada tahun 2022. Moskow mengatakan pihaknya akan mengembangkan hubungan dengan negara mana pun yang diinginkannya, sementara kerja samanya dengan Pyongyang tidak bertentangan dengan perjanjian internasional.

Pertemuan tersebut terjadi ketika Pyongyang berupaya memperluas keterlibatan diplomatiknya setelah lockdown akibat COVID-19.

Sebelumnya, delegasi Korea Utara yang dipimpin oleh Kim Song Nam, direktur departemen internasional Partai Pekerja Korea yang berkuasa di Korea Utara mengunjungi Vietnam untuk bertemu dengan anggota tetap Komite Pusat Partai Komunis Komunis Vietnam dengan Truong Thi Mai pada Hari Selasa. Keduanya membahas penguatan kerja sama dan peningkatan hubungan, menurut KCNA.