Demo di Depan KPU RI Menteng, Massa Bakar Ban Sambil Teriak ‘Tolak Pilpres Curang’
Aksi massa bakar ban di depan Kantor KPU Menteng Jakpus/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Dua kelompok massa berbeda menggelar aksi unjuk rasa pada waktu yang sama di depan Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 18 Maret. Mereka membawa dua spanduk besar bertuliskan pelengseran Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

"Tumbangkan dan Adili Jokowi. Pecat Ketua KPU RI dan Ketua Bawaslu RI," begitu tulisan yang ada di spanduk mobil komando.

"Tolak Pilpres Curang! Perusak Konstitusi, Penjahat Demokrasi. Lengserkan Jokowi! Komplotan penipu ulung, pecat Ketua KPU RI, Ketua Bawaslu RI, dan Hakim MK!" bunyi spanduk yang lain.

Dalam spanduk itu, ada foto Presiden Jokowi dengan bayangan menyerupai boneka Pinokio yang berhidung panjang.

Selain itu, ada foto Ketua KPU RI Hashim Asy'ari, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, dan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman.

Aksi di kelompok ini terlihat 'garang'. Massa membakar ban bekas di depan Kantor KPU RI. Orator terus meneriakkan tuntutan 'berapi-api' melalui alat pengeras suara.

"Salam perbaikan! Lengserkan Jokowi!," katanya.

Dari pantauan VOI, ribuan massa gabungan dari mahasiswa yang menggeruduk kantor KPU RI menutup ruas Jalan Imam Bonjol hingga ke arah Bundaran HI.

Mereka membawa dua spanduk berukuran besar yang dibentangkan melintang menutup ruas Jalan Imam Bonjol.