Bagikan:

JAKARTA - Semakin sulit mencapai suatu destinasi, semakin banyak keindahan yang menanti Anda, 'aturan' tak tertulis bagi para wisatawan yang mengunjungi Italia.

Itu juga dulu berlaku untuk salah satu destinasi wisata terpopuler di negara tersebut, Amalfi Coast. Namun, ke depan itu akan berubah dengan 'hadirnya' bandara untuk mengakses destinasi tersebut.

Ya, itu seiring dengan rencana 'pembukaan' Bandara Salerno Costa d’Amalfi pada Bulan Juli mendatang. Bandara itu terletak 45 kilometer (28 mil) tenggara Kota Amalfi dan 21 kilometer (13 mil) dari Kota Salerno, pintu gerbang ke pantai yang terkenal.

Ini adalah pembukaan kembali bandara, bukan bandara baru yang dibangun dari awal. Pertama kali dibangun pada tahun 1926, selama 98 tahun terakhir, bandara ini telah digunakan sebagai bandara militer, sekolah penerbangan, pusat pemadam kebakaran, dan bandara swasta.

Pada tahun 2007, dikembangkan untuk memungkinkan penerbangan komersial juga. Landasan pacu diperpanjang, dan dua gerbang serta empat meja check-in dibangun. Maskapai yang menggunakannya termasuk Air Dolomiti dan VolaSalerno. Bandara ini kemudian ditutup seluruhnya pada tahun 2016.

Tanggal 11 Juli akan menjadi awal baru bandara ini dengan kedatangan penerbangan komersial Volotea, sebuah maskapai penerbangan Spanyol.

Izin untuk mengoperasikan penerbangan komersial diberikan pada Bulan Januari, dan untuk pembukaannya yang akan datang, landasan pacu telah diperpanjang hingga 2.000 meter (6.562 kaki). Tempat parkir pesawat dan fasilitas telah ditambahkan.

Pengoperasiannya dimulai dengan lambat karena bandara ini masih dalam tahap pengembangan dan dijadwalkan baru akan selesai pada tahun 2026.

Tahun ini, Volotea akan melayani empat destinasi, dimulai dengan Nantes di Prancis dan Cagliari di Sardinia pada Bulan Juli, serta Verona dan Catania pada Bulan September. "Maskapai penerbangan penting" lainnya juga sedang dalam pembicaraan untuk melayani bandara tersebut, menurut juru bicara GESAC, yang mengelola bandara, dilansir dari CNN 10 Maret.

amalfi coast
Amalfi Coast, Italia. (Wikimedia Commons/Jensens)

Rencananya, terminal penumpang baru akan dibangun pada tahun 2026-2027. Terminal seluas 16.000 meter persegi (172.222 kaki persegi) ini dirancang oleh perusahaan Belanda Deerns, yang memenangkan tender untuk proyek perluasan tersebut, karena rencana mereka "bergantung pada penghormatan terhadap lingkungan dan integrasi wilayah setempat," kata GESAC dalam sebuah pernyataan. .

Sebelumnya, perusahaan itu telah mengerjakan proyek bandara Abu Dhabi, Amsterdam Schiphol dan Kuwait City.

Terminal yang tampak futuristik akan dibangun menggunakan bahan-bahan alami dan ramah lingkungan. Sementara atapnya akan menampung panel fotovoltaik untuk menghasilkan energi, yang akan mengurangi emisi CO2.

Pembangunan tahap kedua juga akan membuat landasan pacu diperpanjang lagi menjadi 2.200 meter (7.218 kaki).

Sementara itu, terminal penerbangan umum baru (terutama untuk pesawat pribadi) akan dibangun tahun depan. Operator komersial juga akan menggunakannya sampai terminal penumpang baru mereka selesai dibangun.

Bandara ini akan dikembangkan hingga tahun 2043, yang pada saat itu bandara ini menargetkan dapat memproses enam juta penumpang per tahun. Ini akan membantu mengurangi tekanan pada Bandara Internasional Capodichino di Naples, yang mencatat rekor 12,4 juta penumpang pada tahun 2023.

Carlos Muñoz, pendiri dan presiden Volotea, menyebut pembukaan bandara tersebut sebagai “momen penting bagi kawasan ini” dalam sebuah pernyataan yang dibagikan kepada CNN.

Adapun Roberto Barbieri dari GESAC menyebut berita tersebut sebagai “roda gila yang luar biasa bagi perkembangan pariwisata di wilayah kita.”

Meskipun Amalfi Coast sedang berjuang melawan arus wisatawan yang berlebihan, saat pihak berwenang memberlakukan pembatasan besar pada mobil untuk mengurangi kemacetan, penduduk setempat tampak senang.

Fausto Salsano, pemilik Vietri Centro B&B di Vietri sul Mare, desa pertama di garis pantai yang terkenal, mengatakan kepada CNN: "Saya sangat senang kami akan memiliki bandara Amalfi Coast".

“Bagi kami yang berkecimpung dalam bisnis pariwisata, ini akan menjadi titik awal untuk lebih menegaskan diri kami dalam pekerjaan kami," katanya.