Pesawat Airbus A380 Emirates akan Terbang Perdana ke Bali, Angkut 615 Orang
Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali/DOK ANTARA

Bagikan:

DENPASAR - Pihak Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, menyiapkan kedatangan pesawat berukuran super besar Airbus A380 milik maskapai Emirates.

Rencananya, pesawat komersil terbesar di dunia ini akan mendarat di Bandara Ngurah Rai pada Juni 2023.

General Manager (GM) PT. Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan mengatakan pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai berkoordinasi dengan maskapai dan Otoritas Bandara IV selaku regulator. 

"Sesuai hasil asesmen telah dilakukan persiapan seperti membuat intermediate holding point A380, penggeseran RTIL 10,5 meter menjauh dari sisi runway, persiapan gate yang ditentukan untuk parkir pesawat, jumlah check in counter yang disiapkan dan sebaginya. Terkait dengan hal-hal tersebut telah dilakukan pembahasan bersama dengan pihak-pihak terkait," kata Handy, Rabu, 1 Februari.

Belum dipastikan tanggal kedatangan pesawat Airbus A380. Tapi permohonan pesawat Emirates itu sudah diterima.

"Kami memang telah mendapatkan permohonan dari maskapai, akan tetapi hal tersebut masih harus dipersiapkan oleh maskapai kepada Kementerian Perhubungan terkait dengan izin-izin terbang lainnya," imbuhnya.

Handy mengatakan kedatangan maskapai Airbus A380 akan menjadi pertamakali di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

"Sampai dengan saat ini, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali belum pernah melayani penerbangan pesawat berbadan besar atau wide body khususnya Airbus A380. Nantinya, ketika Airbus A380 tersebut mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, hal tersebut merupakan penerbangan Airbus A380 berjadwal pertama di Indonesia," ungkapnya.

Dari data sementara, penumpang yang akan diangkut oleh pesawat Airbus A380 ada sebanyak 615 orang.

"Saat ini kami memperoleh data dari maskapai bahwa penumpang yang akan diangkut oleh pesawat tersebut sekitar 615 orang. Namun demikian, perlu dicek kembali kepada maskapai terkait tipe konfigurasi pesawat yang dipakai nantinya," ujarnya.