Bagikan:

BOGOR - Intensitas hujan di Jabodetabek sejak Jumat 15 Maret dini hari hingga pagi menyebabkan menyebabkan tinggi muka air (TMA) Sungai Ciliwung meluap. TMA di Bendung Katulampa siaga 4 sentimeter dan 3 Pintu Air di Jakarta dalam status Siaga 3 Banjir Jakarta.

Pengawas Bendung Katulampa, Andi Sudirman menuturkan, TMI di Bendung Katulampa naik sejak Jumat dini hari dan hingga pukul 06.00 WIB tercatat 70 cm atau masih dalam kategori normal.

"Naik secara berkala mulai 50 cm pada Jumat dini hari hingga pagi ini 70 cm dan cuaca saat ini gerimis," Kata Andi kepada VOI.ID, Jumat pagi.

Andi memperkirakan, TMA Ciliwung masih akan naik, mengingat BMKG mengingatkan curah hujan masih tinggi pada Jumat siang hingga malam hari di hulu Ciliwung Puncak, Cisarua.

Sedangkan, Pintu Air Panus, Depok pada Jumat pagi masih Siaga 4 di bawah 150 cm.

Sementara tiga pintu air di Jakarta saat ini sudah dalam posisi Siaga 3 yakni, Pintu Air Manggarai 795 cm, Pintu Air Karet 490 cm, dan Pasar Ikan 195 cm.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan dini menangani adanya potensi hujan lebat yang disertai angin kencang sesaat di sebagian wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Fenomena ini utamanya terjadi pada sore hingga dini hari.

Secara umum, wilayah Jabodetabek dalam dua hari ke depan akan diguyur hujan ringan hingga sedang. Hujan sedang berpotensi terjadi di Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang.