Banjir di Rawa Terate Cakung, Proses Evakuasi Terkendala
Banjir di Rawa Terate Cakung/ Foto; IST

Bagikan:

JAKARTA - Ruas Jalan Krama Yudha RT 10 RW 05, kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur terendam banjir setinggi 120 sentimeter (cm) pada Kamis, 29 Februari.

Kasatgas BPBD Jakarta Timur, Sukendar mengatakan banjir dengan ketinggian setara orang dewasa itu diakibatkan intensitas hujan deras di sekitar lokasi sejak pagi hari.

"Untuk penyebab banjir yang sudah ada sejak pukul 08.20 WIB disebabkan oleh hujan lokal dengan ketinggian 120 sentimeter," kata Sukendar saat dikonfirmasi, Kamis, 29 Februari.

Sukendar menuturkan beberapa personel pihaknya telah dikerahkan untuk melakukan evakuasi terhadap para warga yang terdampak di lokasi.

Pihaknya juga melakukan evakuasi dengan berkolaborasi bersama pihak relawan lainnya menggunakan perahu karet ke tempat kontur yang lebih tinggi.

"Personil BPBD ada sembilan orang dikerahkan, united tractor ada empat orang, Satpol PP ada enam personel, dan PMI empat personel," katanya.

Sukendar mengungkapkan pihaknya sempat mengalami hambatan untuk melakukan evakuasi para warga. Mengingat transportasi pembawa perahu karet pihaknya terjebak macet dalam perjalanan.

"Hambatannya perahu karet sempat terhambat karena kejebak macet, namun terbantu juga ada pihak PMI tengah persiapan membawa logistik dan perahu karet ke lokasi," katanya.