Bagikan:

YOGYAKARTA - Edhie Baskoro Yudhoyono sukses meraih suara terbanyak dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 kemarin. Putra kedua Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini berhasil mendulang suara terbanyak dibandingkan para caleg dari seluruh Indonesia dari data Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) KPU. 

Pria yang akrab disapa Ibas ini maju sebagai calon anggota legislatif untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur VII. Adik dari Agus Harimurti Yudhoyono Ketum Partai Demokrat ini memperoleh suara sebanyak 249.345. Pada gelaran Pemilu kali ini, ia mampu mengungguli perolehan suara caleg PDIP Puan Maharani yang meraih 186.033 suara. 

Munculnya nama Ibas sebagai caleg suara terbanyak ini tentu saja turut mengangkat nama Partai Demokrat. Ibas sebenarnya bukan sosok baru dalam dunia perpolitikan tanah air, sebab dirinya sudah pernah beberapa kali duduk di kursi legislatif. Karier politik Edhie Baskoro Yudhoyono pun menarik untuk disimak.

Profil Edhie Baskoro Yudhoyono

Edhie Baskoro Yudhoyono lahir di Bandung pada 24 November 1980. Anak bungsu dari pasangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Kristiani Herrawati ini mengikuti jejak ayah dan kakaknya terjun ke dunia politik. 

Sebelum masuk ke ranah politik, Edhie Baskoro Yudhoyono menempuh pendidikan di luar negeri. Ibas kuliah di Curtin University, Perth, Australia, dan berhasil meraih gelar Bachelor of Commerce in Finance and E-Commerce pada tahun 2005. Dirinya melanjutkan studi di Rajaratnam School of International Studies, Nanyang Technological University, Singapura. 

Ibas menamatkan studi master dengan spesialisasi Ekonomi Politik Internasional dan disertasi berjudul “Revitalization of Indonesia's Economy: Attempts to Solve the The Twin- Critical-Economic Problems and to Build Foundation for Future Economic Development".

Masih ingin mendalami ilmu ekonomi, Ibas melanjutkan pendidikan Program Doktor di Manajemen Bisnis (DMB) Institut Pertanian Bogor (IPB). Dirinya berhasil menyelesaikan studi S3 pada tahun 2021 dengan predikat cumlaude IPK 4.0.

Karier Politik Edhie Baskoro Yudhoyono

Tumbuh di keluarga yang dekat dengan politik, ayahnya sebagai Presiden Ri ke-6, Ibas ikut merapat ke Partai Demokrat. Namun sedikit berbeda dengan ayahnya dan kakaknya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang menempuh karier militer, Ibas justru lebih tidak pernah mencicipi dunia militer. 

Nama Edhie Baskoro Yudhoyono baru santer diberitakan pada tahun 2009 mendekati Pemilu. Meski pada saat itu ayahnya menjadi orang nomor satu di Indonesia, namun dirinya belum banyak terlibat dalam perpolitikan tanah air. Ia lebih fokus menempuh pendidikan di luar negeri untuk mendalami bidang ekonomi. 

Sosok Ibas semakin dikenali oleh publik ketika dirinya maju sebagai caleg dalam Pemilu 2009 dan berhasil mendapat suara terbanyak sebesar 327.097 suara. Ibas mengawali kariernya sebagai anggota legislatif sebagai anggota Komisi I DPR RI periode 2009-2014. 

Tak hanya menjabat di kursi parlemen, Ibas juga dipercaya menjadi Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Promosi Internasional, Pariwisata, Seni Budaya, dan Olahraga untuk periode 2010-2015. 

Pada tahun 2014, Ibas kembali terpilih menjadi anggota DPR RI di Komisi X DPR. Dirinya memegang bidang Pendidikan, Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga. Pada tahun yang sama, dirinya juga dipercaya untuk memegang posisi Ketua Komisi Pemenangan Pemilu DPP Partai Demokrat periode 2015-2020. 

Sebelum Pemilu 2024, Ibas mengemban tugas di Komisi VI DPR RI tahun 2019-2024. Ia menjadi anggota dewan yang membidangi perdagangan, perindustrian, koperasi UKM, BUMN, investasi dan standarisasi. Ibas juga ditunjuk menjadi Ketua Fraksi Demokrat di DPR RI dan menjabat sebagai Wakil Ketua Banggar DPR RI untuk periode yang sama. 

Demikianlah karier politik Edhie Baskoro Yudhoyono putra bungsu dari SBY dan adik AHY. Pencapaian Ibas dalam Pemilu 2024 sebagai caleg perolehan suara tertinggi menunjukkan bahwa dirinya dan Partai Demokrat masih memiliki elektabilitas yang tinggi. Baca juga gaji dan tunjangan AHY jadi Menteri ATR.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.