Imbas Belasan Tahanan Kabur, Kapolsek Tanah Abang Dicopot dari Jabatannya
Polsek Metro Tanah Abang/ Foto; Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Kapolsek Tanah Abang, Kompol Hans Philip Samosir dicopot dari jabatannya. Hal ini terjadi imbas dari belasan tahanan yang kabur pada Senin, 19 Februari, sekira dini hari.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary membenarkan informasi tersebut. Dia dicopot pada Jumat, 23 Februari, lalu.

“Betul dimutasi ke Polda (Metro Jaya) pada 23 Februari,” kata Ade Ary dalam pesan singkat, Minggu, 25 Februari.

Mantan Kapolres Metro Jakarta Selatan ini menyebut bila Kompol Hand dipindahkan ke Kanit I Bagwasiddik Ditreskrimum Polda Metro Jaya. “Benar (dipindahkan) ke Kanit I Bagwasiddik Ditreskrimum Polda Metro Jaya,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Metro Jakarta Pusat masih memburu 6 tahanan yang masih melarikan diri dari Polsek Metro Tanah Abang. Dari 16 tahanan yang melarikan diri, 10 orang tahanan sudah ditangkap di lokasi terpisah.

"Tim gabungan saat ini masih terus memburu 6 tersangka, kepada pihak keluarga atau kerabat yang turut membantu pelarian dalam bentuk apapun akan dikenakan sanksi hukum," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan, Kamis, 22 Februari.

Adapun 6 tahanan yang masih buron berinisial R (26) warga Kebon Melati, Tanah Abang. HA (23) warga Kota Bukit Tinggi, Sumatera Barat. MA (24) warga Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat.

Tersangka HM (36) warga Kalideres, Jakarta Barat. F (24) warga Kota Bandung, Jawa Barat dan WST (34) warga Kabupaten Bogor.

Belakangan diketahui, para tahanan itu kabur dari ruang sel nomor 2. Mereka membobol teralis besi ventilasi di kamar mandi. Para tahanan kabur hingga ke wilayah luar Jakarta.