Ganjar Soal Wacana Hak Angket Kecurangan Pemilu: Enggak Perlu Takut, Ini Biasa dan Pernah Terjadi
Capres Ganjar Pranowo /FOTO: Wardhany Tsa Tsia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, menyebut wacana hak angket yang digulirkannya adalah pilihan terbaik untuk mengusut dugaan kecurangan di Pilpres 2024. Semua pihak tak perlu khawatir soal usulan ini.

Adapun yang dimaksud dengan hak angket yakni hak melakukan penyelidikan terhadap pelaksanaan undang-undang/kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan hal penting, strategis, dan berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang diduga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

“Kan yang paling bagus untuk bisa mengklarifikasi semuanya ini, ya, sudah penggunaan hak pengawasan hak konstitusi dari DPR untuk kemudian membuat penyelidikan itu paling bagus, paling fair,” kata Ganjar Ganjar kepada wartawan di kantor Sekretariat Tim Koordinator Relawan Pemenangan Presiden (TKRPP), Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 23 Februari.

“Jadi enggak perlu takut. Ini biasa saja kok dan pernah terjadi dalam sejarah Indonesia,” sambung sosok berambut putih ini.

Ganjar berpendapat hak angket ini nantinya bisa membuka banyak hal karena ada data, fakta hingga saksi yang disajikan. “Dan semuanya bisa dibuka jadi publik bisa melihat nanti coba siapa yang benar. Jadi angket menurut saya cara paling pas,” jelasnya.

Eks Gubernur Jawa Tengah ini memastikan niatan untuk menggulirkan hak angket bukan hanya gertak semata. “Kami tidak pernah tak serius,” tegas Ganjar.

Diberitakan sebelumnya, Ganjar Pranowo mengusulkan dua partai pengusungnya yang berada di parlemen saat ini yaitu PDI Perjuangan (PDIP) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menggulirkan hak angket.

Lewat cara ini DPR bisa meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk menyelidiki dugaan kecurangan dalam penyelenggaraan Pemilu tahun ini, kata Ganjar. Belakangan, kubu capres dan cawapres nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau AMIN juga akan mengikuti langkah yang sama.