Bagikan:

JAKARTA - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka meyakini hasil real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan stabil hingga perhitungan suara Pilpres 2024 selesai.

Perolehan suara Paslon nomor urut 2 unggul di real count KPU dengan data yang masuk sudah mencapai lebih dari 75 persen. 

“Kalau saya sih sudah sangat confidence (percaya diri, red) kalau ini stabil sampai selesai,” ujar Habiburokhman kepada wartawan, Jumat, 23 Februari. 

Habiburokhman menjelaskan, perolehan suara dari real count dianggap mulai stabil jika sudah melebihi 70 persen dari jumlah TPS yang direkapitulasi oleh KPU RI. Dia optimis hasil hitung cepat atau quick count tidak akan berbeda jauh dari hasil perhitungan resmi KPU. 

“Real count biasanya sudah mulai stabil di 70 persen. Kalau sudah 80 persen saya pikir sudah makin stabil. Tentu kita semua paham yang namanya quick count itu valid dan ilmiah. Hampir enggak pernah ya dalam metodologinya, berbeda dengan real count,” jelas Habiburokhman.

Meski begitu, Wakil Ketua Umum Gerindra itu mengatakan, pihaknya tetap akan menunggu hasil real count KPU hingga perhitungannya rampung dan diumumkan pada Maret 2024 nanti.

“Kita lihat belasan lembaga melakukan quick count hasilnya sama semua, termasuk lembaga yang tidak begitu suka dengan paslon kami, jelas-jelas mereka menunjukan hasil yang seperti itu,” kata Habiburokhman.

“Jadi tidak ada masalah. Memang kita harus tetap menunggu hasilnya real count ini,” sambungnya. 

 

Sebagai informasi, hasil real count KPU di https://pemilu2024.kpu.go.id/ terakhir diperbarui pada Kamis, 22 Februari pukul 23.00 WIB, pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih unggul dengan perolehan suara sebesar 58.89 persen.

Sementara itu, posisi kedua ditempati oleh pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN) dengan perolehan 24.06 persen suara. 

Progres hasil suara ini didapat dari 619.579 dari 823.236 TPS di seluruh Indonesia atau sudah mencapai 75,26 persen. 

Pembaruan terakhir hasil real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) tersebut  dilihat VOI pada Jumat, 23 Februari, pukul 11.00 WIB.