Bagikan:

JAKARTA - Polres Metro Jakarta Timur mengumpulkan seluruh RW di Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang Pemilu 2024.

Kegiatan rembug warga yang dihadiri Forkopimko dari TNI, Polri dan Pemkot Jakarta Timur itu dilakukan untuk menciptakan dan memelihara situasi kamtibmas yang kondusif.

Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Nicolas Ary Lilipaly mengatakan, kegiatan rembug warga ini dilakukan dalam rangka untuk mendengarkan aspirasi dan permasalahan warga masyarakat secara langsung. Sehingga aparat Kepolisian dapat memberikan solusi yang terbaik dalam permasalahan yang terjadi di lingkungan.

"Rembug warga dihadiri RW 001, 002, 003, 004 dan 006 Kelurahan Cipinang Besar Utara, Jakarta Timur," kata Kombes Nicolas saat dikonfirmasi, Kamis, 8 Februari.

Kombes Nicolas berharap agar warga selalu peduli dengan keamanan lingkungan masing-masing, agar tawuran tidak terulang lagi. Kegiatan rembug warga dihadiri Kapolres Jaktim, Kapolsek Jatinegara, Danramil, Lurah, Para Ketua RT, RW, LMK dan tokoh masyarakat setempat.

"Saya kemarin bersama-sama anggota Polres dan Polsek mendatangi TPU Prumpung. Saya mendapat laporan bahwa disini sempat terjadi gesekan atau tawuran warga, Saya mau tahu permasalahannya di wilayah ini," katanya.

Kombes Nicolas berharap pascakejadian dan penangkapan provokator pelaku tawuran di TPU Prumpung tidak akan terulang lagi.

"Ayo kita ramai-ramai menjaga sinergitas antara TNI, Polri dan Pemkot Jaktim serta masyarakat untuk mencari akar masalah. Mari kita komitmen bersama jaga lingkungan Jakarta Timur ini agar kita hidup dan tinggal ini dengan nyaman," ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, peran tokoh masyarakat dan para pemuka setempat sangat berperan penting dalam menjaga keamanan wilayah.

"Intinya para orang tua peduli terhadap anak-anaknya, dipantau bermain dan bergaul dengan siapa, dan ingatkan anak-anaknya ketika sudah jam malam agar anak-anaknya pulang ke rumah dan tidak berkeluyuran keluar rumah sehingga mereka tidak melakukan hal-hal yang negatif diluar kontrol kita sebagai orang tua," katanya.