KSAD Resmikan 1.898 Titik Sumber Air Hasil TNI AD Manunggal Air
KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak meresmikan 1.898 titik sumber air yang dibangun personel TNI-AD di seluruh Indonesia melalui program TNI Manunggal Air, Selasa (6/2/2024). ANTARA/Abdul Fatah

Bagikan:

TERNATE - Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak secara simbolis meresmikan 1.898 titik sumber air di seluruh Indonesia yang dibangun personel TNI AD melalui program TNI Manunggal Air.

"Ke-1.898 titik sumber air bagi masyarakat yang membutuhkan itu berupa sumur bor, tower air, tandon dan instalasi menuju rumah warga," kata Kapenrem 152/Baabullah Mayor Inf Anton Santoni dilansir ANTARA, Selasa, 6 Februari.

Kunjungan kerja KSAD ke wilayah Maluku Utara dengan sejumlah agenda, salah satunya peresmian TNI Manunggal Air di seluruh Indonesia yang tersambung secara video conference di mana peresmian secara simbolis dilakukan dari Kecamatan Patani, Halmahera Tengah.

Di wilayah Patani sendiri ditargetkan dibangun 20 titik sesuai hasil survei geostatis untuk mencari keberadaan sumber air dan hingga saat ini baru selesai enam titik dan akan terus dikerjakan.

Mayor Anton Santoni mengatakan, selain kunjungan kerja ke Halteng, KSAD juga melakukan kegiatan di Korem untuk memberikan pengarahan kepada prajurit dan persit serta peninjauan pangkalan.

Sehari sebelumnya, KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak diberi anugerah gelar adat "Kapita Ahli Besi Malamo" oleh Kesultanan Ternate.

Maruli Simanjuntak mengaku bangga karena telah diberi kehormatan gelar adat.

"Saya merasa mendapat kehormatan dari Sultan untuk mendapatkan gelar kehormatan sebagai kapita perang terkuat. Ini menjadi suatu kehormatan, kebanggaan buat saya untuk intens lagi berkomunikasi dengan Sultan khususnya dan masyarakat Kota Ternate. Mudah-mudahan kita nanti mempunyai program-program untuk sama-sama menjaga keutuhan NKRI dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar KASAD.

KSAD datang bersama Pangkostrad Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa yang juga putra asli Ternate dan Pangdam Patimura Mayjen TNI Syahrial.