Bagikan:

JAKARTA - Pemandangan berbeda terlihat di depan pintu masuk lokasi Debat Capres ke-5 Pemilu 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum RI di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu, 4 Februari, malam.

Sebuah mobil mini bus milik Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang dilengkapi dengan layar monitor di bagian belakang terparkir menggelar kegiatan nonton bersama (Nobar) Debat Capres ke-5 Pemilu 2024.

Keberadaan mobil tersebut sangat membantu para relawan pendukung ketiga Paslon Capres untuk mengetahui isi dan materi pada debat terakhir itu.

Pejabat fungsional Biro Fasilitasi Pengawasan Pemilu, R. Alif Sudewo mengatakan Bawaslu mengerahkan satu unit mobil pojok pengawasan untuk dapat mendengarkan langsung dinamika pemilu pada pelaksanaan debat Capres terakhir.

"Sementara baru satu unit mobil di JCC. Karena ini debat Capres, kita ingin mengetahui masyarakat secara langsung bagaimana dinamika menghadapi pemilu debat capres yang terakhir," katanya kepada VOI di depan gedung Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat.

Alif mengatakan, pihak Bawaslu mengerahkan mobil pojok pengawasan untuk screening nonton debat bersama masyarakat langsung.

"Kita memberikan tontonan nobar gratis lah kepada masyarakat, sekaligus kita ingin mendengarkan langsung kepada masyarakat. Jadi kita sebenarnya program ini untuk menjemput bola dan mendekatkan lagi kepada masyarakat," ucapnya.

Alif menambahkan, pihaknya sudah 3 minggu menggunakan mobil pojok pengawasan pada Debat Capres dan Cawapres.

"Mobil pojok pengawasan ini untuk menjemput bola menginformasikan kepada masyarakat, apa tugas dan fungsi Bawaslu. Apa saja yang dilarang dalam pemilu Presiden, Caleg dan DPD maka kita sekarang berada di lokasi debat Capres sekaligus menyapa dengan masyarakat," katanya.