Rusia Prioritaskan Pengerahan ICBM Satan II, Pembom Strategis Tu-160M dan Sistem Rudal S-500 Tahun Ini
Pembom Tupolev TU-160M Rusia. (Wikimedia Commons/Dmitry Terekhov)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Menteri Pertahanan Rusia Alexei Krivoruchko mengatakan, Angkatan Bersenjata Rusia prioritaskan pengerahan sistem rudal balistik antarbenua (ICBM) Sarmat, pesawat pembom strategis Tupolev Tu-160M dan sistem rudal permukaan-ke-udara S-500.

"Tugas prioritas untuk tahun 2024 mengenai penyediaan teknis militer Angkatan Bersenjata Rusia adalah menyelesaikan pekerjaan untuk menempatkan sistem rudal balistik antarbenua (ICBM) Sarmat yang canggih ke dalam tugas tempur, untuk menugaskan kapal pembawa rudal strategis Tu-160M pembom ke Angkatan Udara, serta sistem rudal permukaan-ke-udara S-500 dan untuk memberikan kapal selam bertenaga nuklir strategis Knyaz Pozharsky kepada Angkatan Laut Rusia," terang Krivoruchko, dilansir dari TASS 1 Februari.

Sebelumnya, Kepala Roscosmos Yury Borisov mengatakan pada Bulan September 2023, sistem rudal balistik antarbenua (ICBM) Sarmat yang canggih mulai bertugas tempur di Rusia.

"Sistem strategis Sarmat telah mengambil posisi siaga tempur," kata Borisov mengumumkan pada bulan September lalu.

RS-28 Sarmat (Satan II) adalah sistem rudal berbasis silo canggih Rusia yang dipersenjatai dengan rudal balistik antarbenua berbahan bakar cair yang mampu membawa muatan nuklir.

Rudal tersebut telah dikembangkan di Pusat Roket Negara Makeyev (Kota Miass, Wilayah Chelyabinsk) untuk menggantikan ICBM R-36M2 Voyevoda yang beroperasi di Pasukan Rudal Strategis Rusia sejak 1988.

Berdasarkan perkiraan para ahli, RS-28 Sarmat mampu mengirimkan hulu ledak MIRV seberat 10 ton ke lokasi mana pun di seluruh dunia, baik di Kutub Utara maupun Selatan.

icbn sarmat
Rusia ICBM RS 28 Sarmat Satan 2. (Tangkapan layar YouTube Enjamul Hoque)

Sementara itu, pembom strategis Tu-160M telah dilengkapi dengan persenjataan canggih dan sistem peperangan elektronik, serta peralatan radio-elektronik onboard berdasarkan teknologi pembuatan instrumen tercanggih. Prototipe upgrade Tu-160M pertama direkayasa berdasarkan program modernisasi operasional pesawat jarak jauh skala besar yang saat ini sedang dilaksanakan oleh Perusahaan Pesawat Tupolev.

Rusia meluncurkan program memulai kembali produksi pesawat pembom strategis Tu-160 yang ditingkatkan menyusul keputusan Presiden Vladimir Putin.

Berdasarkan kontrak negara yang ditandatangani untuk melaksanakan program tersebut, Kementerian Perindustrian dan Perdagangan dan Perusahaan Pesawat Tupolev sepenuhnya mendigitalkan dokumentasi desain pesawat pengebom Tu-160M dalam waktu sesingkat mungkin, memulihkan teknologi pengelasan vakum titanium, dan memulai kembali produksi pesawat pengebom tersebut. perakitan badan pesawat dan membentuk rantai kerja sama baru yang terdiri dari perusahaan-perusahaan metalurgi, pesawat terbang, mesin dan pembuatan instrumen yang canggih, yang sebagian besar terintegrasi ke dalam Rostec.

Diketahui, Tu-160 adalah pesawat militer supersonik terbesar dan terkuat di dunia dengan sayap sapuan variabel hingga saat ini.

Tu-160 (nama pelaporan NATO: Blackjack) adalah pesawat pembom pembawa rudal strategis sayap variabel supersonik Soviet dan kemudian Rusia. Bersamaan dengan pembom Tu-95MS, pesawat-pesawat ini adalah andalan penerbangan jarak jauh Angkatan Udara Rusia. Tu-160M dirancang untuk menyerang sasaran musuh di daerah terpencil dengan senjata nuklir dan konvensional.