Bagikan:

BLITAR - Siti Atikoh yang merupakan istri capres Ganjar Pranowo mengenang momen saat dirinya kerap mendapat cokelat dari sang suami. Cerita ini dia sampaikan ketika berkeliling Kampung Coklat di Blitar, Jawa Timur.

Atikoh awalnya melihat proses pengolahan cokelat hingga dibungkus dan sempat berbincang dengan para pekerja di Kampung Coklat. Dia lantas mendekati cokelat fondue yang tersedia.

“Cokelat masih hangat. Enak banget. Enak banget bener. Benar-benar asli,” kata Atikoh kepada wartawan di lokasi, Sabtu, 27 Januari. 

Atikoh mengaku suka cokelat seperti kebanyakan orang. Ia lalu teringat momen kerap dibelikan cokelat oleh Ganjar.

“Kalau dulu sering ya (dibelikan cokelat, red),” ungkapnya sambil tersenyum.

“Sekarang cari sendiri,” sambungnya sambil tertawa.

Tak hanya Ganjar, Atikoh juga kerap mendapat cokelat dari Alam Ganjar yang merupakan anak satu-satunya. Biasanya setelah berpergian, Alam sering membelikan oleh-oleh berupa cokelat.

Atikoh mengaku kagum dengan Kampung Coklat yang didatanginya itu. Tempat ini dianggap mampu menjadi contoh sistem pertanian terpadu atau integrated farming karena menggabungkan perkebunan cokelat hingga produksinya sekaligus menjadi tempat wisata. 

“Dari mulai pembibitannya tadi ada, kemudian tanaman kebun cokelat yang ada di sela-sela itu juga ada tanaman lain, ada kolam,” ujarnya.

 

Dia menilai ini bisa menjadi contoh kecil dari wujud kedaulatan pangan. Apalagi, tenaga kerja yang diserap Kampung Coklat mencapai ratusan orang dari lingkungan sekitar.

“Kalau saya sebut ini sih sosiopreuner, ya, bukan hanya kewirausahaan tetapi juga melibatkan seluruh elemen masyarakat yang manfaatnya juga dilaksanakan oleh masyarakat,” pungkasnya.