Wakil Gubernur DKI Riza Patria: Di Jawa, Luar Jawa, Banjir Sampai Berminggu-minggu
Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria (Diah Ayu Wardani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Banjir yang menggenang sebagian wilayah di Jakarta sejak Sabtu, 20 Februari lalu telah surut seratus persen dalam dua hari.

Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria mengaku bersyukur banjir Jakarta surut dengan cepat. Sebab, kata Riza banjir di luar DKI seperti Karawang, Bekasi, hingga Kalimantan Selatan membutuhkan waktu lebih lama.

"Alhamdulliah tidak berhari-hari. Kita melihat beberapa daerah di Jawa, di luar Jawa juga masih ada banjir yang sampai berminggu-minggu," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Februari.

Banjir yang terjadi akibat hujan pada Sabtu lalu membuat 342 RT dari 113 RW terdampak banjir. Sementara, jumlah pengungsi sebanyak 3.311 jiwa, tersebar di 44 lokasi pengungsian.

Tapi, kata Riza, banjir Jakarta kondisinya masih tertangani. "Kita bersyukur di Jakarta, sekalipun dataran rendah dan sumber banjir ada di hujan lokal, hulu, bandang, dan rob, kita dapat mengedalikan banjir secara baik berkat dukungan segala pihak," jelas dia.

Untuk antisipasi banjir di kemudian hari, Riza menyebut pihaknya memiliki sejumlah program pengendalian banjir. Di antaranya adalah pengerukan kali hingga waduk, hingga membuat olakan kolam.

Kemudian, Pemprov DKI tengah bersiap menghadapi potensi cuaca ekstrem di beberapa hari kedepan. Berdasarkan prakiraan BMKG, DKI akan mengalami hujan lebat sampai akhir bulan Februari.

"Yang kita lakukan, selain terus optimalisasi daya tampung air, kita sekarang mengutamakan keselamatan warga (jika banjir terjadi)," ujarnya.