Klaim Banjir Jakarta Sekarang Tak Sampai Berhari-hari, Wagub: di Daerah Lain Sampai Berminggu-minggu
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria/DOK Diah Ayu-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengklaim banjir yang merendam Jakarta pada periode musim hujan saat ini tidak terjadi selama berhari-hari.

"Alhamdulillah di Jakarta, kita tidak ada genangan atau banjir sampai berhari-hari," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin, 15 November.

Riza mengaku bersyukur atas keadaan ini. Sebab, saat ini terdapat daerah yang mengalami banjir selama berminggu-minggu. Pernyataan Riza ini merujuk pada banjir di Kalimantan Barat.

"Kita lihat sekarang di daerah-daerah di seluruh Indonesia, di musim hujan ini, banyak sekali daerah yang tergenang. Banjir berhari-hari, bahkan sampai berminggu-minggu," ungkap Riza.

Riza menuturkan, hal ini berkat sejumlah program pengendalian banjir saat musim hujan yang sudah dilakukan oleh Pemprov DKI.

Di antaranya adalah pengerukan lumpur, pembuatan drainase vertikal atau sumur resapan, hingga pengerahan pompa untuk menyedot air. Sementara, program normalisasi sungai masih dalam proses pembebasan lahan.

Namun, Riza mengaku banjir masih menggenang. Sebab, menurutnya, banjir Jakarta merupakan masalah klasik yang membutuhkan penanganan dalam waktu lama.

"Semua memang berproses, memerlukan waktu, jadi sekali lagi penanganan banjir tidak bisa selesai dalam satu dua tahun atau lima tahun, perlu waktu yg panjang," tuturnya.

Karenanya, ia meminta kepada masyarakat untuk membantu Pemprov DKI dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat, hingga ikut membersihkan saluran air di lingkungan tempat tinggalnya.

"Semua masyarakat kita minta untuk membantu kita semua dengan cara tidak membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan, selokan, got, dan sekitarnya, dan juga mempersiapkan di rumah2 yang letaknya di daerah yang selama ini setiap tahun berpotensi banjir," pungkas Riza.