Wagub DKI Bilang Tak Ada Banjir Signifikan di Musim Penghujan
Ilustrasi foto banjir di Jakarta (Twitter/@SudinJakarta)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria mengklaim berbagai upaya untuk mengantisipasi banjir cukup berhasil. Buktinya, tidak terjadi genangan yang parah walaupun ibu kota terus diguyur hujan deras.

"Kita bersyukur sampai tanggal 13 setidaknya DKI masih dapat mengendalikan pencegahan dan penanganan pengendalian banjir, tidak ada banjir yang signifikan, luar baisa. Kalau pun ada hujan, genangan, itu dalam hitungan jam sudah surut kembali," ucap Riza kepada wartawan, Sabtu, 13 Februari.

Sejumlah upaya yang sudah dilakukan untuk mencegah banjir antara lain normalisasi dan naturalisasi sungai. Dengan begitu, air bisa surut dengan cepat meski sempat menggenang.

"Selain normalisasi, naturalisasi, kemudian pompa, pembuatan folder dan gerebek lumpur, pengerukan sungai waduk, situ, embung, membuat sodetan, olakan, ini ternyata Alhamdulillah membantu kita semua mengurangi banjir dan cepatnya genangan air turun," papar dia.

Kedepannya, kata Riza, Pemprov DKI bakal melakukan program lainnya semilsal meningkatkan daya tampung air dan membuat sodetan dan waduk. Sehingga, target Jakarta bebas banjir akan tercapai.

"Sebagaimana yang disampaikan Pak Gubernur kita punya target tidak boleh ada genangan yang melebihi dari 6 jam. Alhamdulillah dalam waktu singkat hujan lebat, banjir tapi bisa segera surut. Ini berkat dukungan kita semua dari masyarakat dan kita semua. Mudah-mudahan di tahun ini kita dapat mengendalikan banjir dan terbebas," tandasnya.