Anies Ungkap Pendapatan Negara Hingga Bisnis Judi Jadi Sektor Pemberantasan Korupsi Paling Dipelototi
DOK calon Presiden Nomor urut 01 Anies Baswedan saat berkampaye di Kabupaten Tanah Datar. (ANTARA/Muhammad Zulfikar).

Bagikan:

JAKARTA - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, mengungkapkan lima sektor kegiatan yang paling utama dijadikan target utama dalam pengawasan dan pemberantasan korupsi.

Salah satunya adalah pendapatan negara. Hal ini disampaikan Anies dalam acara Paku Integritas KPK yang diikuti tiga paslon capres-cawapres di gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Kami melihat penting sekali aspek ini dilakukan tindakan yang serius (seperti) pajak, cukai, PNPB (pendapatan negara bukan pajak)," kata Anies, Rabu, 17 Januari.

Sektor kedua adalah sumber daya alam dan sumber daya laut. Sektor ketiga adalah bidang pangan yang menurut Anies punya dampak luas bagi masyarakat.

"Korupsi di sektor ini (pangan) berdampak amat besar kepada kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia," ucap Anies.

Sektor keempat adalah layanan dasar, pendidikan kesehatan, infrastruktur. "Ini memiliki efek yang amat besar pada kualitas pendidikan, kualitas pelayanan kesehatan, bahkan kualitas perekonomian, karena infrastruktur yang terganggu oleh praktek-praktek korupsi," lanjutnya.

Lalu sektor kelima yang harus paling awal diawasi dalam pemberantasan korupsi adalah bisnis ilegal, judi, narkoba dan lain-lain.

"Ini adalah sektor-sektor utama yang dalam hemat kami perlu menjadi perhatian di dalam pemberantasan korupsi. Kami berkomitmen bukan sekedar karena saat ini dalam tanggung jawab untuk menjadi calon presiden dan wakil presiden dan dimintai komitmennya di KPK," imbuh Anies.