Ahli dalam Bisnis, TKN Jamin Prabowo-Gibran Bawa UMKM Indonesia Makin Maju Lewat 4 Langkah
Wakil ketua TKN Ali Masykur Musa. Foto: Nailin/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Ali Masykur Musa, menjamin komitmen pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk membawa UMKM Indonesia semakin maju. Sebab menurutnya, Prabowo-Gibran sudah expert atau ahli di bidang bisnis.

Hal tersebut disampaikan Ali saat menerima dukungan relawan UMKM Prabowo-Gibran (Rembuk Pagi) di Kertanegara, Rabu, 17 Januari. 

"Karena beliau memang expert di dalam bisnis praktis, dan ini yang bisa membawa Indonesia itu menuju Indonesia Emas yang sangat maju," ujar Ali. 

Ali mengatakan, ada banyak program yang sudah disiapkan Prabowo-Gibran bagi pelaku UMKM kala menerima mandat sebagai presiden dan wakil presiden RI. Program ini diharapkan agar para pelaku UMKM bisa semakin mengembangkan bisnisnya. 

Ali menjelaskan 4 langkah yang akan dilakukan Prabowo-Gibran untuk meningkatkan UMKM Indonesia. Pertama, memberikan kemudahan mikro, finance dan permodalan dengan bunga yang sangat rendah. 

"Karena ini satu hal yang menjadi masalah teman-teman UMKM adalah permodalan," jelas Ali.

Ali menuturkan, dengan akses permodalan dengan bunga rendah, maka margin laba yang didapat bisa lebih besar. Sehingga, kata dia, pelaku UMKM akan lebih sejahtera.

Kedua, Prabowo-Gibran akan memperkuat marketing atau pemasaran UMKM agar penjualan produk bisa meningkat. Ketiga, Prabowo-Gibran juga akan mendorong pengemasan produk yang lebih baik sehingga bisa lebih menarik perhatian pembeli.

"Produk UMKM harus di-make up packagingnya, sehingga harganya akan lebih tinggi produk UMKM itu kerap apa kerajinan tidak hanya di pasar pasar, tetapi masuk mall," kata Ali.

Keempat, memperkuat digitalisasi UMKM. "Kalau pakai digital marketing e-commerce, maka itu omzetnya akan tinggi," katanya. 

"Nah 4 langkah inilah yang akan diupayakan oleh Pak Prabowo mas Gibran untuk mempercepat bangkitnya UMKM di Negeri Indonesia," tambah tokoh Nahdlatul Ulama (NU) itu. 

Sementara, Ketua Umum Relawan Pagi, Bobby Aprial, mengungkapkan pihaknya mendukung Prabowo-Gibran karena dianggap memiliki visi misi yang jelas tentang ekonomi.

"Kita melihat hasil debat, dari tiga calon yang hadir, yang memiliki keberanian dan memiliki visi untuk meningkatkan ekonomi hanya 02, yaitu Prabowo Subianto dan Mas Gibran," kata Bobby di Kertanegara, Rabu, 17 Januari. 

Menurutnya, hilirisasi yang disampaikan Gibran melalui program perbankan untuk UMKM menunjukan keberpihakan kepada kelompoknya. Sebab, kata Bobby, aspek tersebut masih menjadi masalah utama UMKM sampai hari ini.

"Jadi ketika memang ada paslon yang memang serius berani untuk mendukung ekonomi kerakyatan ini, ayo kepada seluruh kawan-kawan UMKM kita dukung pak Prabowo," kata Bobby.