Bagikan:

JAKARTA - Sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM, Tim Kampanye Nasional Pemilih Muda atau TKN Fanta Prabowo-Gibran memberikan pelatihan UMKM di Kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, Kamis 28 Desember.

Mengangkat tema 'UMKM Naik Kelas, UMKM Go Digital', pelatihan ini diinisiasi oleh Fantapreneur yang merupakan bagian dari TKN Prabowo-Gibran dan berkolaborasi dengan Barisan Pengusaha Pejuang (BPP) Jakarta.

Wakil Komandan TKN Fanta Prabowo-Gibran Sona Maesana mengatakan, pelatihan gratis kepada pelaku UMKM merupakan bagian dari menjalankan program yang ditawarkan Prabowo-Gibran.

"Karena kami sesuai arahan dari Bapak Prabowo dan Mas Gibran juga fokus untuk meningkatkan satu juta wirausaha. Kedua adalah menaik kelaskan UMKM yang ada di Indonesia khususnya sekarang di wilayah Jakarta Selatan," kata Sona.

Hal senada juga dikatakan Koordinator Fantapreneur Reno Adityo, menurutnya anak muda penting untuk mempersiapkan future skills atau keterampilan masa depan, demi mewujudkan Indonesia Emas 2045 yang diusung Prabowo-Gibran.

"Yang disampaikan oleh Mas Gibran adalah perihal masalah future skills. Karena itu, melalui pelatihan yang digelar Fantapreneur, diharapkan UMKM naik kelas dan Go Digital," kata Reno.

Reno berharap, melalui keterampilan digital atau online, UMKM bisa naik kelas yakni dari usaha mikro menjadi usaha kecil, lalu usaha kecil menjadi menengah, dan kemudian naik kelas menjadi usaha yang besar.

Sementara caleg DPRD Dapil 7 Jakarta Selatan dari Partai Gerindra Sasha Tutuko di kesempatan yang sama berharap, pelaku UMKM dapat mewujudkan kemandirian ekonomi dan berdampak positif bagi lingkungan di sekitarnya.

Secara terpisah, Komandan TKN Fanta Prabowo-Gibran Arief Rosyid mengatakan pelatihan kepada UMKM merupakan bagian dari program yang ditawarkan Prabowo-Gibran dalam Asta Citanya.

Pelatihan ini sesuai dengan program Asta Cita Prabowo-Gibran yakni mendorong kewirausahaan, yang terdapat pada Asta Cita nomor tiga. Prabowo-Gibran ingin meningkatkan lapangan kerja berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif, dan melanjutkan pembangunan infrastruktur.

Adapun materi pelatihan yang dalam sesi coaching oleh Noudhy Valdryno yaitu menekankan kepada 3 hal, yaitu pertama konsistensi dalam mempromosikan, kedua engagement dan ketiga yakni memilih jenis postingan dan tidak melawan tren.