Menteri yang Masuk Tim Kampanye Prabowo-Gibran: Berikut Beberapa Daftarnya
Para ketum parpol KIM bersama paslon yang diusung Prabowo-Gibran di Arena Merdeka GBK, Jakarta, Rabu, 25 Oktober.

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor mengaku siap melepas jabatannya di Kabinet Indonesia Maju apabila diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) buat mundur. Mau tahu siapa saja menteri yang masuk tim kampanye Prabowo Gibran?

Perihal ini sebab dirinya bersama sebagian menteri serta wakil menteri aktif masuk ke dalam struktur Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Daftar Menteri yang Masuk Tim Kampanye Prabowo Gibran

Adapun sederetan nama mentri dan wakil di Kabinet Indonesia Maju yang dukung Prabowo-Gibran yaitu;

1. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Airlangga dipercaya jadi Ketua Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran. Di bawah kepemimpinan Airlangga, Partai Golkar memanglah menunjang Prabowo-Gibran serta tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju. Partai beringin itu melaporkan sokongan buat Prabowo semenjak pertengahan Agustus lalu.

Golkar pulalah yang awal kali mendeklarasikan support buat Gibran jadi bakal cawapres pasangan Prabowo. Dukungan buat putra sulung Jokowi itu diumumkan langsung oleh Airlangga dalam forum Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023).

"Bersumber pada hasil pertemuan dengan pimpinan DPD tadi malam, seluruhnya konsensus menganjurkan serta menunjang Mas Gibran buat kita pasangkan dengan Pak Prabowo selaku bakal capres RI," kata Airlangga.

2. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan

Zulhas, demikian sapaan akrab Zulkifli Hasan, ditunjuk selaku Wakil Ketua Dewan Pengarah TKN Prabowo- Gibran. Tidak hanya menteri, Zulhas pula berprofesi selaku Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN). Berbarengan dengan Golkar, PAN merapatkan barisan ke Koalisi Indonesia Maju semenjak pertengahan Agustus lalu.

“ Agar Indonesia maju terus, silaturahim tidak boleh terputus. Bismillah, Mas Wali (Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka),” sebut Zulhas dalam penjelasan yang diterima Kompas. com, Sabtu (21/10/2023).

3. Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga

Di TKN Prabowo- Gibran, Jerry Sambuaga ditunjuk selaku Wakil Komandan Fanta buat menggaet suara pemilih muda. Tidak hanya wakil menteri, Jerry ialah Ketua Umum Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI), organisasi sayap Partai Golkar. Jerry ikut dan mengantar Prabowo-Gibran mendaftar selaku partisipan Pemilu Presiden 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 25 Oktober 2023 kemarin. Bagi Jerry, Koalisi Indonesia Maju bangga lantaran mengusung putra presiden selaku bakal calon RI- 2.

"Kalau Mas Gibran memanglah putra dari Ayah Presiden Jokowi itu kan suatu perihal yang fakta serta saya pikir kita bangga dong," kata Jerry dalam siaran Gaspol!, Rabu (25/10/2023).

4. Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor

Afriansyah Noor dipercaya berprofesi selaku Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran. Afriansyah ialah Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB). Dukungan PBB buat Prabowo dideklarasikan semenjak akhir Juli 2023 kemudian dalam momen perayaan milad ke-25 PBB.

"Pada kesimpulan sekali ini, PBB wajib memutuskan buat mencalonkan Pak Prabowo selaku capres. Insya Allah sekali ini sehabis Prabowo maju 2014, bisa jadi 2019 dia belum memenangkan. Tetapi kali ini insya Allah dengan support PBB, Prabowo bakal memenangkan pertarungan Pilpres 2024," kata Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra di ICE BSD, Tangerang Selatan, Minggu (30/7/2023).

5. Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Raja Juli Antoni

Raja Juli Antoni pula diberi mandat selaku Wakil Ketua TKN Prabowo- Gibran. Berlatar belakang politik, Raja Juli ialah Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI). PSI sendiri melaporkan dukungan buat Prabowo-Gibran baru- baru ini. Support itu diumumkan oleh Ketua Umum PSI yang pula adik kandung Gibran serta putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep.

“Kami, Partai Solidaritas Indonesia siap mendukung Bapak Prabowo Subianto serta Mas Gibran Rakabuming Raka,” ucap Kaesang di Djakarta Theatre, Jakarta, Selasa (24/10/2023). 6. Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani Rosan Roeslani diberi tugas besar selaku Pimpinan TKN Prabowo-Gibran. Oleh karenanya, dia mundur dari sofa Wakil Menteri BUMN, terhitung semenjak 24 Oktober 2023. Tidak cuma berpamitan dari Kabinet Indonesia Maju, Rosan pula mundur dari jabatannya selaku Wakil Komisaris Utama (Wakil Komut) PT Pertamina (Persero). Memimpin tim pemenangan Prabowo-Gibran, Rosan mau bakal capres- cawapres Koalisi Indonesia Maju ini memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran.

"Menang satu putaran!" seru Rosan diiringi oleh para anggota TKN Prabowo-Gibran lainnya saat mengumumkan struktur TKN Prabowo-Gibran, Senin (6/11/2023).

Kenapaa Erick Thohir-Bahlil Tak Masuk TKN Prabowo-Gibran?

Kalau ditanya kenapa Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia tidak masuk kedalam deretan nama di struktur Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran? Ketua TKN Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani buka suara mengenai hal itu.

Kata Rosan, Erick Thohir dan Bahlil Lahadalia merupakan menteri aktif di Kabinet Indonesia Maju. Terlebih, Erick Thohir saat ini juga menjabat sebagai Menko Marves Ad Interim menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan yang sedang sakit. 

Hal itulah yang menjadi pertimbangan sehingga nama Erick Thohir dan Bahlil Lahadalia tak masuk ke dalam tim kampanye Prabowo-Gibran. 

"Kan sudah dijawab sama Pak Erick, sama Pak Bahlil. Karena mereka adalah menteri aktif, apalagi Pak Erick dua jabatan, Menko Marves Ad Interim dan Menteri BUMN," kata Rosan kepada wartawan, dikutip Selasa, 7 November 2023.

Siap Mundur

“ Kita siap aja [mundur], enggak ada permasalahan. Asalkan memanglah ada ketentuan ataupun terdapat perintah dari presiden. Sebab sekarang ini kan menteri- menteri kan banyak yang [terlibat capres- cawapres]. Ada yang di AMIN, ada yang PDIP banyak. Ada yang di Pak Prabowo,” ucap Afriansyah Noor di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Senin (6/11/2023).

Wakil Menteri Ketenagakerjaan ini berkata grupnya sangat menaati ketentuan. Alasannya, dikala ini tidak ada ketentuan yang melarang menteri ataupun wakil menteri ikut serta dalam kontestasi capres-cawapres.

“Kecuali ASN ataupun komisaris di BUMN. Jika wamen serta menteri itu kan jabatan politis. Selagi tidak digunakan buat kepentingan yang tidak memungkinkan,“ jelas Afriansyah.

Ia menuturkan bakal mengambil cuti selaku wakil menteri apabila bakal mengikuti aktivitas terkait Pilpres 2024 pada hari kerja.

“Jadi sementara saya bakal seperti itu, kecuali memanglah hak prerogatif presiden memang menyuruh kami mundur ataupun memang meminta kami buat tidak ikut serta dalam kampanye,” bebernya.

Afriansyah membenarkan keterlibatannya dalam TKN Prabowo-Gibran tidak bakal pengaruhi kinerja menteri serta wakil menteri KIM di kementerian. Grupnya pula membenarkan tidak bakal melaksanakan kampanye di lembaga yang dipimpin.

“Tidak akan kita pakai buat kepentingan yang dia untuk kampanye lah. Yang berarti kita melaksanakan aktivitas di luar kantor, serta tidak memakai waktu-waktu jam kantor jika tidak ada cuti,” tegas dia.

Jadi setelah mengetahui profil Dhohir Farisi, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!