Usut Pemerasan SYL, Direktur dan Sekjen Kementan Juga Diperiksa di Bareskrim Hari Ini
Mantan Ketua KPK Firli Bahuri bersama mantan Mentan SYL (ist)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo alias SYL bersama Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementerian Pertanian Muhammad Hatta dan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono kembali diperiksa Bareskrim Polri hari ini, Kamis 11 Januari.

SYL, Hatta dan Kasdi diperiksa terkait kasus dugaan pemerasan yang dilakukan mantan ketua KPK Firli Bahuri.

"Benar Bahwa hari ini kamis tanggal 11 Januari 2024 pukul 10.00 WIB, saksi SYL, M. Hatta dan Kasdi (tahanan KPK RI) kembali dipanggil oleh Tim Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya untuk kepentingan pemeriksaan atau memberikan keterangan tambahan," kata Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, kamis 11 Januari.

Ade melanjutkan, Ketiga eks pejabat Kementan itu akan diperiksa ruang riksa Dittipidkor Bareskrim Polri lantai 6 gedung Bareskrim.

Selain agenda pemeriksaan tersebut di atas, penyidik juga memanggil beberapa saksi lainnya untuk dimintai keterangan tambahan.

"Adapun kegiatan penyidikan ini adalah dalam rangka pemenuhan petunjuk P19 JPU pada Kantor Kejati DKI Jakarta dalam penanganan perkara a quo," lanjut Ade.

Pengacara SYL, Djamaludin Koedoeboen mengonfirmasi bahwa Syahrul Yasin Limpo akan hadir.

"Betul, jam 10 pagi ini di Bareskrim lantai 6," kata Djamaludin, Kamis 11 Januari.

Djamaludin menduga, pemanggilan SYL ini bersifat konfrontir, dimana penyidik Polri melakukan pemeriksaan dengan cara mempertemukan saksi dengan saksi, atau saksi dengan tersangka.