Bagikan:

JAKARTA - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan meminta Prabowo Subianto jangan emosional pada saat debat yang berlangsung di Istora Senayan, Minggu 7 Januari. Sebab Anies menilai, tema debat kali ini soal pertahanan harus dijawab dengan tenang dan terbuka.

"Itulah sebabnya untuk kita tenang dingin jangan emosional dalam menghadapi persoalan-persoalan dan kenegaraan dalam menghadapi pertahanan," ujar Anies Baswedan.

Anies pun menyatakan ada berbagai ancaman di depan mata, yakni ancaman atas penipuan online dan ancaman teroris yang membutuhkan perhatian.

"Ancaman terorisme itu semua membutuhkan perhatian, jadi bukan memutuskan untuk belanja Alutsista (Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia) berdasarkan selera dan berdasarkan preferensi masa lalu. Tapi justru harus mencerminkan kebutuhan masa depan," beber Anies.

Untuk itulah Capres nomor urut satu tersebut mengutamakan pentingnya strategi yang baik supaya kekuatan yang dimiliki oleh TNI Indonesia lebih optimal tidak hanya soal pribadi, tetapi negara.

"Masa depan inilah yang menurut kami penting ya, anggarannya perlu kita tingkatkan tapi jangan keliru ancamannya juga mengalami pergeseran," ucap Anies.