Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan jadwal kampanye rapat umum atau terbuka peserta Pemilu 2024. Salah satu jadwal yang sudah ditetapkan adalah jadwal kampanye rapat umum capres-cawapres.

Pada hari terakhir masa kampanye yakni 10 Februari, capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memilih berkampanye di Jakarta International Stadium (JIS).

Anies menjelaskan alasan JIS menjadi pilihan lokasi kampanye terbuka di hari terakhir sebelum masa tenang. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengaku memiliki kenangan emosional tersendiri terhadap JIS.

"Ya tentu (punya kenangan emosional), lah. (Alasan) paling sederhana, kapasitasnya bisa," kata Anies di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis, 18 Januari.

Menurut Anies, JIS merupakan simbol keringat anak Indonesia. Sebab, pembangunan JIS yang dilakukan saat Anies menjabat Gubernur DKI itu tak menggunakan tenaga asing sebagai pekerja pembangunannya.

"Semuanya adalah anak kandung Indonesia, dididik lembaga-lembaga pendidikan Indonesia dan mereka menghasilkan bangunan kelas dunia yang masuk menjadi salah satu proyek, yang di dalam proyek nasional geografi namanya megaproyek," tutur Anies.

JIS, bagi Anies, adalah lokasi yang paling sesuai untuk dirinya mengampanyekan kemandirian anak bangsa.

Tak hanya itu, Anies juga merasa bangga lantaran JIS merupakan bangunan yang mengusung konsep green building atau ramah lingkungan yang meraih sertifikat level platinum pertama di Indonesia.

"Di sini adalah gedung berstandar lingkungan hidup, green building dengan level platinum. Jadi ini kalau di dalam mobil ini itu ada level silver, gold, dan platinum. Ini yang level platinum," jelas Anies.