Bagikan:

JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Aria Bima menyebut kubu Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) tak percaya Pilpres 2024 bakal satu putaran. Dia justru menduga ada pihak yang berupaya mengglorifikasi lewat lembaga survei.

Hal ini disampaikan Aria saat disinggung soal komunikasi dengan kubu AMIN terkait putaran kedua. Ia awalnya menyinggung kubu pasangan nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang terlalu percaya diri dengan pilpres satu putaran meski diikuti tiga calon.

“(Kubu, red) 02 terlalu yakin satu putaran. Kami dengan 01 tidak yakin satu putaran, pasti dua putaran,” kata Aria di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta Pusat yang dikutip Selasa, 2 Januari.

Aria mengaku pernah bicara soal fenomena satu putaran ini dengan kubu AMIN. Hasilnya, mereka menduga ada pihak yang berupaya menggiring opini publik lewat survei.

“Karena gini loh, ini kan ada opini publik, dibangun lewat survei kemudian di glorifikasi satu putaran, kemudian survei yang seharusnya memotret realitas tapi ini menggiring realitas opini yang ada,” tegasnya.

Survei ini disebut Aria sengaja dibuat diduga untuk membuat pusing kubu Ganjar-Mahfud dan AMIN. “Semua dibikin satu putaran, jadi ada desain lembaga survei,” ungkap anggota DPR RI itu.

Tapi, dua kubu ini diklaim Aria tak panik. Ia hanya menyayangkan cara semacam ini harusnya tak boleh dilakukan.

Aria juga menegaskan pihaknya bukan tidak percaya dengan metodologi yang digunakan para lembaga survei. “Jangan sampai ada upaya menggiring opini lewat survei satu putaran seolah-olah itu demokratis,” ujarnya.

“Sementara aspek di dalam implementasi satu putaran itu adalah kerja aparat. Ini yang bahaya. Kami sepakat jangan sampai oknum aparat dipakai untuk memobilisasi dukungan dengan pembenaran prakondisinya adalah lembaga survei,” pungkas Aria.